Kaktus/wikipedia
Health

Dari Kaktus hingga Lidah Buaya, Ini 8 Tanaman yang Mampu Menyerap Radiasi

Redaksi
Minggu, 15 Oktober 2023 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini, kita hidup di era yang serba modern. Di mana hampir mustahil jika kita bisa hidup tanpa alat elektronik.

Namun sayangnya, di balik kecanggihan gawai yang kita gunakan, gawai mengeluarkan radiasi buruk yang berpengaruh pada tubuh.

Setelah melakukan riset yang mendalam, NASA menemukan ada beberapa tanaman yang memiliki kemampuan untuk menyerap radiasi.

Berikut adalah beberapa tanaman hias yang dapat menyerap radiasi yang berdampak buruk bagi tubuh.

1. Kaktus

Kaktus adalah salah satu tanaman hias yang cukup populer. Memiliki permukaan yang tajam dan berduri, kaktus adalah tanaman yang sangat mudah dirawat.

Sebuah studi dari NASA menunjukkan bahwa kaktus adalah salah satu yang paling efektif dalam penyerapan radiasi.

2. Sansevieria trifasciata (Lidah Mertua)

Salah satu alasan utama mengapa tanaman hias lidah mertua sangat populer adalah karena daya tahannya. Taman ini mudah dirawat dan paling baik ditempatkan di suatu tempat yang tidak bersentuhan langsung dengan sinar matahari.

Tanaman ini merupakan filter efektif yang memurnikan udara dan membuang racun, termasuk formaldehida, benzena, dan xilena.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa meletakkan tanaman ini di dekat komputer, perangkat Wi-Fi, atau perangkat elektronik lainnya yang memancarkan radiasi.

3. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal dengan beragam khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, tanaman ini juga merupakan tanaman pembersih udara yang efektif.

Ketika diletakkan dekat dengan perangkat dan peralatan yang memancarkan radiasi, mereka juga dapat menjadi penghalang radiasi yang efektif.

4. Spider Plant (Lili Paris)

Memiliki daun menjulai bak kaki laba-laba, tanaman hias ini mampu menangkal radiasi, mengurangi polusi, dan meningkatkan kualitas udara.

Tidak ada penelitian spesifik yang terkait dengan penyerapan pada tanaman ini, tetapi penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat menyerap berbagai macam polutan, termasuk aldehida dan asam format.

Mereka dapat menyerap radiasi secara langsung dari perangkat dan bertindak sebagai penyaring radiasi ketika ditempatkan di sekitar jendela dan pintu.

5. Palem kuning

Palem kuning adalah tanaman hias yang mampu menyaring berbagai macam racun dari udara dan mengubah sejumlah besar karbon dioksida menjadi oksigen.

6. Tanaman karet

Tanaman karet dipercaya mampu menyerap radiasi berbahaya dan dianggap efektif jika diletakkan di samping perangkat elektronik.

Tanaman ini juga membantu memurnikan udara dan penelitian menunjukkan bahwa tanaman karet secara efektif menghilangkan racun, termasuk formaldehida.

7. Fiddle-leaf fig

Tanaman hias yang dapat tumbuh hingga 15 meter dan memiliki daun yang lebar ini memainkan peran penting dalam menyerap dan menyaring racun sebagai penghalang radiasi.

Namun, perlu dicatat bahwa Fiddle-leaf fig beracun bagi hewan dan tidak cocok untuk rumah yang memiliki anak kecil.

8. Asparagus Fern

Asparagus fern dikenal dengan daunnya yang unik dan aromanya yang khas. Biasanya tanaman ini digunakan untuk tujuan dekoratif, tetapi penelitian menunjukkan bahwa asparagus fern juga dapat membantu menyerap radiasi.(Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro