Simak efek mengonsumsi daging ayam
Health

6 Bahaya Konsumsi Daging Ayam Setiap Hari

Redaksi
Senin, 23 Oktober 2023 - 19:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kandungan protein dalam daging ayam memberikan manfaat baik bagi tubuh sebagai produksi hormon dan sel kekebalan serta mendorong pertumbuhan otot.

Banyak orang memilih menyimpan daging ayam mentah sebagai bahan makan harian karena berbagai poin plus yang dimiliki daging ini. Selain mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau, daging ayam juga mudah diolah dan cocok dikonsumsi siapa saja.

Namun perlu kamu ketahui, mengkonsumsi daging ayam setiap hari tidak direkomendasikan. Banyak bahaya yang dihasilkan dari konsumsi daging ayam setiap hari.

Dilansir berbagai sumber, berikut bahaya yang disebabkan dari konsumsi daging ayam setiap hari.

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi ayam dengan cara yang benar mungkin tidak menyebabkan lonjakan kadar kolesterol, tergantung bagaimana mengonsumsinya. Jika rutin mengonsumsi ayam goreng, tidak diragukan lagi kadar kolesterol akan melonjak.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa daging ayam putih meningkatkan kadar kolesterol jahat seperti halnya daging merah. Untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali, yang terbaik adalah mengonsumsi ayam panggang atau ayam rebus.

2. Kekurangan Beberapa Lemak Esensial

Meskipun ayam bisa menjadi protein serbaguna dan mudah untuk dimasak, jika pola makan tidak memiliki profil protein yang beragam, kamu akan kehilangan beberapa nutrisi penting termasuk lemak esensial, seperti omega- 3. Mengonsumsi ayam setiap hari sebagai satu-satunya sumber protein dapat menyebabkan kesenjangan nutrisi.

3. Kehilangan Nutrisi Utama

Sumber protein lain yang berasal dari hewan maupun nabati menyediakan segudang nutrisi lain dalam makanan, oleh karena itu penting untuk mengusahakan variasi.

4. Meningkatkan Suhu Tubuh

Ayam dianggap sebagai makanan panas tinggi yang dapat meningkatkan suhu tubuh secara keseluruhan, dalam istilah yang lebih sederhana dapat menyebabkan panas pada tubuh.

Oleh karena itu, beberapa orang mungkin mengalami pilek, terutama saat musim panas. Situasi seperti ini mungkin saja terjadi akibat konsumsi ayam sehari-hari. Jika mengalami hidung berdarah setelah rutin makan ayam, sebaiknya makanlah setelah jeda beberapa hari.

5. Infeksi Saluran Kemih

Jenis ayam tertentu juga dapat dikaitkan dengan infeksi saluran kemih atau ISK. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal mBio American Society for Microbiology, ayam dengan strain E.coli tertentu dapat menyebabkan berbagai infeksi, termasuk ISK. Untuk mencegah infeksi tersebut, yang terbaik adalah mengonsumsi ayam yang dibesarkan tanpa antibiotik.

6. Penambahan Berat Badan

Efek samping lain dari makan ayam secara teratur adalah penambahan berat badan. Sejumlah makanan seperti Chicken Biryani, Butter Chicken, Fried Chicken dan masih banyak lagi merupakan makanan yang berkalori tinggi dan cukup berat.

Tidak apa-apa untuk mengonsumsinya sesekali, tetapi konsumsi secara teratur pasti akan menyebabkan penambahan berat badan dan mungkin juga menyebabkan lonjakan kolesterol. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro