Patung Merlion, Singapura
Travel

Lima Negara Terkaya di Dunia Berdasarkan PDB per Kapita, Timur Tengah Mendominasi

Mutiara Nabila
Rabu, 1 November 2023 - 18:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Perekonomian global berkali-kali mengalami guncangan selama beberapa tahun terakhir, dimulai dengan merebaknya Virus Corona.

Respons ekonomi global terhadap virus ini telah mengubah lingkungan perekonomian dunia secara signifikan, dengan guncangan yang masih terasa meskipun empat tahun telah berlalu sejak wabah ini terjadi, serta lebih dari setahun sejak beban rumah sakit dan infeksi turun secara signifikan untuk melanjutkan perekonomian.

Tahun 2022 sebenarnya merupakan awal yang optimis karena aktivitas perekonomian mulai kembali berjalan dan tekanan pada rantai pasokan global mulai mereda.  

Namun, faktanya kenaikan suku bunga yang cepat oleh Federal Reserve di AS dan bank sentral di seluruh dunia terjadi, salah satunya imbas invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu, yang turut menyumbang ketidakseimbangan pasokan dan permintaan komoditas global hingga membakar harga komoditas penting.

Perkiraan dari laporan Perdagangan dan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi global akan melambat menjadi 2,4 persen pada 2023 dari 3 persen pada 2022 karena dampak dari tingginya suku bunga dan inflasi. Namun, masih ada negara-negara yang cukup resilien di tengah kondisi ekonomi global seperti ini. 

Untuk membuat daftar negara-negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita, menggunakan data milik Front Moneter Internasional (IMF) yang mencantumkan PDB global per kapita berdasarkan negara. 

Berikut ini lima negara terkaya dengan PDB per kapita tertinggi di dunia sepanjang 2023:

5. Uni Emirat Arab

PDB Per Kapita 2023: US$88.221

Uni Emirat Arab adalah negara Asia yang merupakan bagian dari kawasan Timur Tengah. Wilayah ekonomi utamanya adalah Abu Dhabi dan Dubai, dan keduanya memberikan kontribusi signifikan terhadap sektor ekonomi utama seperti eksplorasi minyak bumi, perbankan, pariwisata, dan real estate.  

UEA perlahan-lahan berubah menjadi salah satu negara Timur Tengah yang paling maju secara ilmiah, karena merupakan negara Arab pertama yang mencapai Mars serta di antara sedikit negara yang mengirim astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

4. Republik Irlandia

PDB Per Kapita 2023: US$124.596

Republik Irlandia adalah negara kepulauan Eropa yang meliputi sebagian besar pulau Irlandia. Negara ini memiliki perekonomian sebesar US$633 miliar dalam hal PDB, dan tingginya PDB per kapita bukanlah hal yang mengejutkan karena sifat perekonomian Irlandia.  

Irlandia adalah salah satu tujuan bisnis paling populer di Eropa dan dunia karena banyaknya perusahaan multinasional yang beroperasi di wilayahnya.

3. Negara Bagian Qatar

PDB Per Kapita 2023: US$124.834

Qatar adalah negara Timur Tengah yang makmur lainnya. Qatar adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki lebih banyak orang asing dibandingkan penduduk lokal yang tinggal di perbatasannya. 

Hal ini juga memungkinkan Qatar memiliki perekonomian yang sangat produktif, dan negara tersebut merupakan pemain kunci di pasar gas alam cair (LNG) global. Pasar LNG semakin menonjol akhir-akhir ini, seiring invasi Rusia ke Ukraina yang memaksa Eropa memilih bahan bakar dibandingkan gas murah Rusia.

2. Grand Duchy of Luxemburg

PDB Per Kapita 2023: US$142.490

Luxemburg, adalah negara Eropa Barat yang terkurung daratan. Sektor jasa bertanggung jawab atas kemajuan perekonomian negara, dan dalam sektor ini, industri perbankan yang menguntungkan memainkan peran penting.  

Luxemburg adalah pusat keuangan terbesar ketiga di Eropa setelah London dan Zurich. Sektor yang sedang berkembang dalam perekonomian Luxemburg adalah segmen eksplorasi ruang angkasa, yang berupaya membangun ekosistem perusahaan yang mengekstraksi sumber daya dari asteroid dan benda langit lainnya.

1. Singapura

PDB Per Kapita 2023: US$157.354

Singapura adalah sebuah kota dan negara bagian dan merupakan salah satu dari sedikit kota dan negara bagian yang serupa di dunia. 

Kota ini merupakan sektor keuangan global, dan memainkan peran penting dalam perekonomian Asia terutama karena lokasinya yang menjadikannya pusat pengiriman penting untuk produk-produk berharga seperti barang elektronik konsumen.  

Singapura juga dikenal sebagai rumah bagi sejumlah jutawan dengan jumlah tertinggi di dunia, dan negara ini dikenal di seluruh dunia karena tingkat korupsinya yang rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro