Arti mata kedutan/Freepik
Health

10 Dampak Penggunaan AC Bagi Kesehatan

Redaksi
Jumat, 3 November 2023 - 18:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cuaca yang semakin panas membuat AC menjadi pilihan yang cocok sebagai penyejuk ruangan, tetapi AC memiliki dampak buruk bagi lingkungan dan juga bagi kesehatan tubuh manusia.

Tidak sedikit orang yang beraktivitas di ruangan ber-AC. Berada di ruangan ber-AC mungkin bisa menenangkan dan mendinginkan tubuh. Suhu dingin yang dikeluarkan AC bisa menimbulkan sejumlah masalah seperti dehidrasi dan gangguan pernapasan.

Dilansir berbagai sumber, berikut dampak buruk AC bagi kesehatan:

1. Mata Kering

Mata kering menyebabkan iritasi dan dapat menyebabkan penglihatan kabur, mata gatal, dan sensasi terbakar. Jika berlama-lama berada di ruangan ber-AC dapat memicu mata kering. Jika cenderung menderita mata kering, sebaiknya hindari berlama-lama berada di ruangan berventilasi AC karena akan memperburuk masalah.

2. Dehidrasi

Saat mendinginkan ruangan, AC sering kali menyedot kelembapan lebih dari yang diperlukan. Jika menyetelnya ke suhu rendah, maka kemungkinan ruangan menjadi kering cukup tinggi. Selain ruangan, AC juga menyedot kelembapan dari tubuh. Jika tidak cukup terhidrasi, kemungkinan mengalami dehidrasi akan tinggi.

3. Sakit Kepala

Panas di dalam dan di luar ruangan berjauhan dan saat memasuki ruangan ber-AC, kamu tidak punya cukup waktu untuk menyesuaikan diri. Hasilnya kamu akan merasakan sakit kepala. Bisa juga terjadi karena dehidrasi. Paparan AC secara terus menerus juga dapat memicu sakit kepala pada penderita migrain .

4. Infeksi

AC dapat mengeringnya saluran hidung dan selaput lendir dapat memicu infeksi virus. Itu karena lendir membentuk lapisan pelindung untuk menjauhkan tubuh dari infeksi. Jika diganggu oleh AC, infeksi akan segera menyerang tubuh.

5. Masalah Pernafasan

Paparan AC secara terus-menerus dapat mengganggu fungsi normal hidung dan tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pernafasan dan peradangan pada selaput lendir. AC juga dapat mempengaruhi paru-paru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro