Momen pesta kembang api untuk merayakan Tahun Baru 2023 di Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII), Sabtu (31/12/2022). Dok. Berita Jakarta
Travel

50.000 Pengunjung Diproyeksi Padati TMII saat Malam Tahun Baru

Ni Luh Anggela
Rabu, 27 Desember 2023 - 14:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) siap menerima lonjakan pengunjung selama momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Dia memperkirakan sekitar 50.000 pengunjung bakal memadati TMII pada 31 Desember 2023.

“Dapat saya pastikan destinasi unggulan ini siap menerima lonjakan kunjungan di liburan Nataru ini. Antisipasinya [sekitar] 50.000 pengunjung saat puncak perayaan akhir tahun 31 Desember nanti,” kata Sandi dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (27/12/2023).

Adapun, pemerintah memperkirakan akan ada 107 juta pergerakan masyarakat saat libur Nataru. Dari 107 juga pergerakan itu, 60% di antaranya akan melakukan kegiatan wisata.

Oleh karena itu, wisata unggulan termasuk TMII harus mampu mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan. Sandi sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada kepala daerah, asosiasi usaha pariwisata, serta pengelola/pelaku usaha pariwisata tentang penyelenggaraan kegiatan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan pada saat perayaan Nataru.

Dalam surat edaran itu, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengimbau untuk memperkuat penerapan protokol cleanliness, health, safety, environmental sustainability (CHSE), mengingat kasus Covid-19 yang mulai meningkat beberapa waktu belakangan.

Selain itu, dia meminta seluruh pihak untuk berkoordinasi dengan pihak terkait di daerah masing-masing, melakukan kalibrasi atau uji petik keamanan dan kelaikan, serta melakukan perawatan terhadap fasilitas/wahana usaha secara berkala, melakukan mitigasi bencana, hingga memastikan kesiapan petugas dan pengelola dalam pelayanan wisata.

Sebagai informasi, TMII akan menggelar beragam event selama libur Nataru, mulai 20 Desember 2023-2 Januari 2024. Salah satu gelaran utama, yaitu OneThereLand mulai 21 Desember 2023 - 1 Januari 2024 yang dimeriahkan oleh puluhan musisi Tanah Air, podcast, hingga stand-up comedy, seperti Aruma, GJLS, Dikta, Hindia, juga Aldi Taher.

Selain itu, pengelola akan menambah jam tayang untuk pertunjukan Dancing Fountain Tirta Cerita -sebuah harmonisasi perpaduan multimedia show dengan water screen dan air mancur serta pencahayaan 300 drone - selama libur Nataru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro