Kementerian PUPR menyampaikan progres revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah mencapai di atas 90 persen dan siap digunakan untuk gelaran G20 Indonesia - BISNIS/Muhammad Ridwan.
Travel

Harga Tiket dan Fasilitas di Wajah Baru Taman Mini Indonesia Indah

Redaksi
Minggu, 3 September 2023 - 18:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Keindahan Nusantara terbentang luas dari Sabang sampai Merauke dengan luas daratan Indonesia 1.922.570 kilometer persegi. Dengan perairan 3.257.483 kilometer persegi yang menyimpan beragam pesona alam, flora dan fauna, dan kebudayaan.

Tentunya untuk menjelajahi dan mengenal keberagaman Indonesia dengan luasnya Indonesia, kamu harus merogoh biaya tidak sedikit dan waktu tidak sebentar.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada satu alternatif yang yang bisa membawa kamu menjelajahi keragaman Nusantara dengan waktu yang singkat dan biaya yang terjangkau, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.

Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disingkat TMII merupakan taman yang mengisi kekayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kekayaan nusantara inilah yang menjadi gagasan pembangunan Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) oleh Ibu Negara Siti Hartinah atau yang lebih dikenal sebagai Ibu Tien Soeharto dan diresmikan pada tahun 1975.

Pada tanggal 1 September 2023, Taman Minum Indonesia Indah telah dibuka kembali setelah beberapa bulan dilakukan revitalisasi dan telah dilaksanakan peresmian wajah baru TMII dengan desain yang lebih kekinian dan fasilitas yang lebih memadai.

Dihari peresmian, tempat wisata ini dibuka secara gratis yang menarik antusias yang penasaran akan wajah baru TMII.

Masyarakat dimanjakan dengan keindahan desain TMII, berbagai pertunjukan serta edukasi sejarah pada 33 anjungan masing-masing provinsi di Indonesia. Tentunya ini menjadi tempat yang dikunjungi bagi para perantau untuk sekedar berfoto, menambah ilmu ataupun melepas rindu pada tempat kelahiran.

TIKET dan JAM OPERASIONAL

Menjelajahi Indonesia yang begitu luas mungkin akan mengeluarkan biaya puluhan juta, tetapi dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah kamu sudah bisa merasakan keliling Indonesia dengan biaya kurang dari Rp. 100.000,00.

Jika kamu penasaran dan berencana untuk berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, berikut list harga tiket yang perlu kamu ketahui.

• Tiket Umum
Taman Mini Indonesia Indah dibuka dari Senin-Minggu, 06.00-20.00 WIB dengan biaya sebagai berikut:

1. Pintu Masuk sebesar Rp.25.000,00
2. Carter Mobil dengan biaya mulai dari Rp. 35.000,00,-
3. Motor mulai dari Rp. 15.000,00,-
4. Sepeda Rp.10.000,00,-
5. Bus/Truk mulai dari Rp.60.000,00,-

• TIKET FLORA FAUNA
Wahana Flora dan Fauna dibuka setiap hari pukul 07.30-17.00 WIB dengan biaya sebagai berikut;

1. Taman Burung
Weekday : Rp.50.000,00,-
Weekend: Rp.60.000,00,-

2. Museum Komodo dan Reptil
Weekday : Rp.40.000,00,-
Weekend: Rp.50.000,00,-

3. Dunia air tawar dan dunia serangga sebesar Rp.35.000,00,-

• TIKET MUSEUM

1. PP IPTEK dengan biaya sebesar Rp. 27.500,00,-

2. Museum Perangko dengan biaya tiket sebesar Rp. 5.000,00,-

3. Museum Listrik dan Energi Baru dengan biaya Rp. 15.000,00,-

4. Museum Keprajuritan dengan biaya Rp. 5.500,00,-

5. Museum Transportasi dengan harga Rp.10.000,00,-

6. Museum Bayt Al-Qur’an dengan harga Rp. 5.000,00,-

• Teather IMAXX Keong Mas
Jam operasional disesuaikan dengan jadwal on-site dan biaya sebesar Rp.50.000,00,-

FASILITAS

Untuk kamu yang penasaran dan ingin menghabiskan waktu libur dengan orang-orang tersayang, TMII menjadi tempat yang di rekomendasikan.

Ada berbagai fasilitas yang dapat kamu gunakan di area Taman Mini Indonesia Indah. Fasilitas yang disediakan di Taman Mini Indonesia Indah terbagi menjadi 4 (empat) kategori, yaitu hotel dan restoran, toko kerajinan tangan dan galeri, persewaan gedung dan transportasi umum.

Selain fasilitas dalam 4 kategori tersebut, masih banyak fasilitas umum yang dapat kamu gunakan seperti parkiran, rumah-rumah ibadah, toilet umum yang tersebar pada setiap wahana, tempat duduk, kursi roda bagi lansia dan difabel , saran rekreasi, museum , crater mobil dalam TMII dan taman serta tidak lupa pula anjungan yang atau bangunan khas setiap provinsi. Dalam wajah baru TMII juga menyediakan Angling umum & Angling prioritas yang tersedia untuk memudahkan pengunjung menjelajahi nusantara di TMII.

Tentunya untuk menikmati fasilitas-fasilitas yang menarik tersebut kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Wahana dan sarana-prasarana yang ada akan membawa kamu menikmati keberagaman dan keindahan Nusantara dalam satu tempat saja. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro