Cara menghindari toxic people yang membuatmu menjadi tidak bahagia. Simak cara agar optimistis dan berpikir positif/Freepik.com
Health

Ketemu Toxic People? Simak Tips Berpikir Positif dan  Optimistis

Novita Sari Simamora
Jumat, 26 Januari 2024 - 10:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bertemu dengan orang-orang toxic secara tidak sengaja sangat dihindari oleh semua orang. Jangan sampai racunnya membuatmu menjadi lemah dan tidak bersemangat.

Bagaimana cara menghadapi toxic people? Cara yang paling tepat adalah menghindari, menjauh, dan membentengi dirimu dengan hal-hal positif, kegiatan  positif, dan mengganti lingkunganmu menjadi tempat baru.

Dilansir dari Healthsoths, Jumat (26/1/2024) gangguan untuk membuat Anda menyerah, pesimisme sering sekali muncul. Hal ini membuatmu berpikir bahwa kamu tidak bisa melakukan apapun, sehingga kata-kata yang kamu dengar, membuatmu menjadi rendah diri. Namun, pola pikir seperti itu harus dihindari. 

Tunjukkan bahwa Anda tetap memiliki pola pikir dan sikap positif, ciptakan kemajuan besar dalam setiap aspek kehidupanmu. Mulai dari meningkatkan produktivitas di tempat kerja hingga membantu membina hubungan positif, karena ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sikap optimistis.

Bagaimana cara tetap berpikir positif? Latihlah kesabaran. Anda dapat mengembangkan kebiasaan sehat yang membantu Anda tetap waras dan bahagia meskipun situasi saat ini tidak mendukung.

Simak cara berpikir positif:

1. Teruslah bersyukur

Syukur adalah salah satu obat kebahagiaan yang paling ampuh. Jadikan bersyukur menjadi gaya hidupmu. Tuliskan setidaknya tiga hal yang Anda syukuri dan Anda akan mendapati diri Anda penuh dengan kebahagiaan. 

Bersyukur atas apa yang Anda miliki membuat Anda tetap tenang dan puas sekaligus menyemangati Anda dengan lebih banyak energi positif untuk berbuat lebih baik. “Ini dapat membantu mengalihkan fokus Anda dari aspek negatif ke aspek positif dalam hidup Anda,” kata sang pakar kesehatan mental.

2. Kelilingi diri Anda dengan hal-hal positif

Lingkungan pekerjaan dan pertemanan sangat berpengaruh terhadap jalan hidup dan masa depanmu. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif dan suportif yang menyemangati dan menginspirasi Anda. Batasi paparan Anda terhadap pengaruh negatif seperti berita negatif atau individu beracun.


3. Tantang pikiran negatif

Menurut para ahli, rata-rata pikiran manusia memikirkan antara 60.000 hingga 80.000 pikiran dalam sehari. Itu mencengangkan! Jadi, bayangkan jika Anda memilih untuk berpikir negatif, seberapa besar pengaruh setiap pikiran negatif terhadap Anda.

Ingatlah bahwa kita tidak pernah menjadi pikiranmu sendiri. Hal-hal tersebut adalah produk dari pikiran egois kita, dan begitu kita jatuh ke dalam pusaran pikiran ini, tidak ada jalan kembali. 

4. Ingat merawat diri sendiri

Jaga kesehatan fisik, emosional, dan mental Anda. Lakukan aktivitas yang memberi Anda kegembiraan dan relaksasi seperti berolahraga, menekuni hobi, atau menghabiskan waktu di alam. Jadikan perawatan diri sebagai prioritas untuk mempertahankan pola pikir positif dan tangguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro