The Election, film tentang pemilu
Entertainment

Selain Dirty Vote, Ini Rekomendasi 10 Film Soal Pemilu

Mutiara Nabila
Senin, 12 Februari 2024 - 18:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia akan melaksanakan pemilihan umum atau Pemilu dalam dua hari lagi, pada Rabu, 14 Februari 2024. Menjelang pesta demokrasi ini,dihebohkan dengan munculnya film Dirty Vote yang mengungkapkan kecurangan pemilu 2024.

Di Indonesia, memang tidak banyak film yang bertema pemilu. Tapi, ada beberapa film tentang pemilu yang menarik disaksikan kembali. 

Kisah tentang pesta politik telah menjadi subgenre sinematik yang populer bagi para seniman pembuat film yang ingin mengeksplorasi kompleksitas proses pemilu di layar lebar.  

Melalui film, sering kali penonton jadi lebih mampu memahami sebuah pesan jika pesan tersebut disampaikan kepada mereka dalam konteks cerita fiksi yang mereka anggap menghibur.

Kisah tentang pemilu juga memberikan peluang besar bagi para pembuat film untuk mengeksplorasi betapa cacatnya sistem pemerintahan tertentu. Proyek-proyek ini bahkan dapat mengubah opini politik pemirsa. Film-film ini adalah yang terbaik di subgenrenya.

Teranyar, di Indonesia satu film dokumenter viral buatan sutradara Dandhy Laksono, "Dirty Vote" yang mendulang 3,7 juta penonton dalam 24 jam setelah tayang pada 11 Februari 2024. 

Selain itu, ada pula film Indonesia berjudul "Kejarlah Janji" tentang rumitnya kehidupan Pertiwi, ibu tiga anak yang harus mengurus ketiga anaknya yang beranjak dewasa dan sedang mencari jati diri di tengah situasi suaminya kalah dari "lurah ganteng" dalam pemilhan kepala desa.

Film yang dibuat oleh sutradara Garin Nugroho itu menggambarkan situasi, karakter, dan konflik yang sejaatinya benar terjadi dalam pemilu di Indonesia. Film ini bisa menggiring opini dan juga menjadi bahan diskusi menjelang pemilu agar masyarakat bisa menentukan pilihan terbaik dalam pemilu mendatang.

Selain itu, melansir Colliders berikut ini 10 rekomendasi film terkait dengan pemilu yang patut disaksikan kembali:

1. The Manchurian Candidate (1962)

Film besutan sutradara John Frankenheimer menciptakan cerita spionase yang menarik tentang seorang kandidat Amerika yang dimanfaatkan oleh konspirator internasional untuk mendukung nilai-nilai anti-demokrasi.

Meskipun dibuat pada 1960-an, sinopsis ini tampak seperti diambil dari fiksi ilmiah, tema film tersebut terasa sangat relevan setelah siklus pemilu di AS pada 2020 lalu.

The Manchurian Candidate pernah dibuat ulang pada 2004 oleh sutradara Jonathan Demme, yang mengganti latar belakang Perang Korea dengan krisis Perang Teluk saat ini dengan pendekatan yang sama mengerikannya. Kedua film tersebut memberikan alasan yang menarik bagi penonton untuk berpikir dua kali sebelum memberikan suara mereka.

2. The Candidate (1972)

Meskipun sutradaranya, Michael Ritchie, terkenal karena film komedi anehnya dalam franchise Fletch, dia mampu membuat karya sindiran yang lebih serius dengan film thriller politiknya yang dirilis pada 1972. 

The Candidate ini bercerita tentang peningkatan luar biasa dalam ketenaran Bill McKay (Robert Redford), seorang calon gubernur muda dari Partai Demokrat yang karismatik.

McKay bak sosok yang benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan para pemilih, namun pada kenyataannya, dia tidak memiliki pengetahuan praktis atau rencana yang sah untuk mencapai tujuannya.  

Redford melakukan pekerjaan yang baik dalam mengeksplorasi krisis kepercayaan yang dialami McKay begitu dia mendapatkan nominasi yang telah dia upayakan dengan susah payah.

3. Bob Roberts (1992)

Ternyata Tim Robbins adalah seorang penulis dan sutradara yang hebat dan juga seorang aktor. Robbins menulis, menyutradarai, dan membintangi komedi gelap pada 1992 "Bob Roberts", di mana dia memerankan seorang penyanyi folk sayap kanan ekstremis yang terus menumbuhkan pengikut sesat saat dia mengejar kursi di Senat Amerika Serikat.

Sangat menyedihkan melihat bagaimana kebijakan yang diusulkan Roberts, meskipun kebijakan tersebut sangat konyol dan jelas tidak dapat diterapkan dalam praktik, mendapatkan dukungan dari kelompok pemilih yang semakin melakukan kekerasan. 

4. Wag the Dog (1997)

Wag the Dog mengeksplorasi sifat konyol di balik kampanye presiden dan cerita-cerita yang cenderung mendominasi berita utama.  

Meskipun filmnya sendiri dirilis sebelum terungkapnya skandal Clinton-Lewinsky, sangat menarik untuk melihat betapa eratnya kedua skenario tersebut terasa terhubung.

Wag the Dog mengeksplorasi upaya produser Hollywood (Dustin Hoffman) dan spin doctor gila (Robert De Niro) untuk mengalihkan perhatian publik Amerika dari skandal seks Presiden Amerika Serikat dengan memulai perang palsu.  Hoffman menerima nominasi Academy Award untuk Aktor Terbaik atas penampilannya.

5. Primary Colors (1998)

Film lain yang dirilis pada masa puncak urusan politik Presiden Clinton, "Primary Colors" menarik lebih banyak kesejajaran langsung dengan peristiwa nyata dengan karakter pendukungnya.  

John Travolta memberikan salah satu penampilan terbaik dan terlucu sepanjang karirnya sebagai Kandidat Presiden dari Partai Demokrat Jack Stanton, seorang gubernur selatan yang sangat karismatik yang kehadiran karismatiknya dalam jalur kampanye membuatnya mendapatkan kepemimpinan yang stabil dalam proses pemilihan pendahuluan.

Film ini dengan cemerlang mengisahkan betapa mudahnya pola pikir lembaga pemungutan suara dapat diubah oleh berita terkini atau komentar yang tidak disengaja, dan jarang terjadi diskusi mengenai isu-isu sah yang dibahas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro