Kyoto menjadi destinasi wisata yang cocok untuk traveling dan honeymoon./insidekyoto
Travel

Tren Pariwisata: Gen Z Lebih Pilih Akomodasi yang Instagrammable

Mutiara Nabila
Senin, 26 Februari 2024 - 19:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pariwisata di Indonesia terus bertumbuh setelah dihantam pandemi, salah satunya dari tingkat permintaan penginapan, baik hotel, hostel, sampai villa. 

Online travel agent (OTA), Tiket.com, juga mencatat adanya lonjakan permintaan terhadap akomodasi sebesar 36% pada 2023 dibandingkan dengan pada 2022.

SVP of Accomodation Tiket.com, Cisyelya Bunyamin menyebutkan bahwa akomodasi jadi lini produk yang pertumbuhannya paling besar. Adapun, terdapat perbedaan preferensi dalam menentukan akomodasi dari tiap generasi berbeda. 

"Memang fenomena ini lumayan tajam perbedaannya. Saya dari generasi lama agak kaget dengan anak sekarang. Anak sekarang tuh pengaruh sosial media sangat tinggi sehingga yang direkomendasikan di sosial media dapat traksi lebih besar," ungkapnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (26/2/2024). 

Adapun, faktor yang banyak dilihat oleh generasi milenial dan Gen Z antara lain adalah propertinya harus instagrammable, lucu, cantik, bagus untuk difoto. Sementara untuk angkatan tua lebih penting cukup nyaman dan bersih. 

"Anak sekarang sangat terpapar dengan rekomendasi media sosial, TikTok, Instagram itu memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan mereka. Kebutuhan wi-fi juga, pasti kalau nggak ada mereka nggak mau," jelasnya. 

Selain itu, dari sisi lokasi tujuan juga yang paling trending dan happening. Misalnya, sepanjang tahun lalu sampai tahun ini Sa Pa, Vietnam jadi salah satu tujuan wisata yang trending, sehingga banyak pesanan perjalanan ke negara tersebut. 

"Misalnya kemarin Vietnam ramai, semua mereka terburu-buru ke sana. Destinasi viral juga gampang diikuti gen z dan milenial," ungkapnya. 

Selain jenis properti, tipe penginapan untuk Gen Z juga berbeda dengan generasi yang lebih tua. Cisyelya mengungkapkan, Gen Z lebih senang pergi ramai-ramai bersama teman-teman terdekat, sehingga mereka cenderung akan memilih penginapan berupa vila. 

"Permintaan untuk vila semakin tinggi terutama yang 2 kamar ke atas, itu karena seru, efeknya berlibur bersamanya juga dapat. Malah kalau di Bali banyak yang minta ada kolam renangnya," imbuhnya. 

Melihat fenomena tersebut, lanjut Cisyelya, Tiket.com membuatka satu tombol khusus untuk memilih akomodasi vila dan apartemen. 

"Jadi di section khusus itu sudah kami kurasi yang sesuai dengan kebutuhan itu," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro