Kaki kram
Health

Sering Kaki Kram? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Redaksi
Kamis, 7 Maret 2024 - 19:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang sering mengalami kram pada bagian kaki. Kondisi kaki kram dapat mengganggu segala aktivitas yang dilakukan. 

Dilansir dari pharmeasy.in dan southvalleyvascular.com, kram kaki bisa terjadi karena kondisi otot yang tegang. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. 

Kondisi otot yang mengeras dan tegang, membuat orang menjadi panik saat mengalaminya. Kaki kram bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit. 

Simak penyebab yang dapat menimbulkan kaki kram:

1. Kelelahan otot

Kelelahan otot bisa terjadi karena adanya latihan fisik yang berat, sehingga membuat otot mengalami ketegangan dan menyebabkan kaki kram.

2. Dehidrasi

Kondisi cuaca yang panas atau melakukan banyak aktivitas, membuat badan kehilangan banyak cairan. Ketika, badan mengalami dehidrasi akan menyebabkan kram pada kaki. 

3. Elektrolit tidak seimbang

Elektrolit yakni natrium, kalium, magnesium, dan klorida yang ada dalam darah dapat mempengaruhi fungsi sel. Ketidakseimbangan kadarnya akan menyebabkan kram pada sel otot. 


4. Sirkulasi buruk

Jika, duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama dapat menghambat aliran darah, sehingga dapat menyebabkan kaki kram.


5. Kondisi medis

Beberapa masalah kesehatan dapat menyebabkan kaki kram, berikut penyakit yang dapat menyebabkan kram kaki.

1. Diabetes

2. Sirosis hati 

3. Penyakit Arteri Perifer (PAD)

4. Stenosis spinal


6. Kehamilan

Perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan dapat menyebabkan timbulnya kram pada kaki.


7. Obat

Beberapa obat mempunyai efek samping yang dapat menyebabkan kaki kram, seperti obat asma, obat kolesterol tinggi (statin), dan obat memperlancar air kecil (diuretik).

penyebab kaki kram
penyebab kaki kram

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kaki kram

1. Peregangan betis

Jika, mengalami kram kaki pada betis, cobalah untuk melakukan peregangan. Pertama, posisikan kaki lurus, kemudian tekuk kaki, lalu tarik jari-jari kaki ke arah wajah, dan pijat kaki dengan lembut. 


2. Peregangan paha depan

Sering mengalami kram pada paha depan? Lakukanlah teknik ini untuk mengatasinya, tekuk lutut dan dekatkan ke arah tumit belakang, dan tahan posisi ini beberapa saat, hingga kaki dirasa sudah mendingan. 


3. Peregangan paha belakang

Jika, sering mengalami kram kaki pada bagian paha belakang, cobalah untuk melakukan peregangan. Posisikan badan terlentang, lalu tekuk lutut kaki yang nyeri, dan angkat ke atas secara perlahan.


4. Terapi

Melakukan beberapa terapi dapat membantu mengatasi kaki kram, berikut terapi yang baik dilakukan.

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu meredakan otot-otot yang kaku dalam tubuh, sehingga dapat mengatasi kram yang dialami.

2. Terapi panas

Bagi, Anda yang tidak suka mandi dengan air hangat, terapi panas bisa menjadi solusinya. Terapi panas, dilakukan dengan meletakkan bantalan pemanas pada otot yang kram. Hal tersebut, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membuat otot lebih rileks.

3. Terapi dingin

Merendam kaki dengan air es atau mengompresnya dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakkan, sehingga dapat membantu mengatasi kaki kram.

Simak cara mencegah kaki kram

1. Olahraga

Bagi, Anda yang sering mengalami kram kaki dianjurkan untuk melakukan peregangan. Meregangkan kaki membantu meredakan otot kaki yang kaku, sehingga dapat membantu mencegah kram kaki. Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan berolahraga.


Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu menjaga bentuk otot dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Latihan kardio dapat dilakukan dalam upaya mencegah kaki kram.


2. Hidrasi

Wajib untuk minum air dengan cukup, agar badan tetap terhidrasi. Jika, tubuh mengalami dehidrasi akan mempengaruhi aktivitas otot dan menimbulkan kram pada otot, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kaki kram. 


3. Pola makan dan nutrisi

Pola makan seseorang akan mempengaruhi kesehatannya, mempunyai pola makan yang baik dan sehat dapat membantu mencegah kram kaki. Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, magnesium, kalsium, dan potasium. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah kram kaki.

Berikut makanan yang dapat mencegah kram kaki

1. Sayuran hijau

2. Kacang-kacangan

3. Biji-bijian

4. Produk olahan susu


4. Posisi tidur

Posisi tubuh atau kaki yang tidak benar saat tidur akan menyebabkan kram kaki. Ubah posisi kaki mengarah ke bawah, ketika mengalami kram saat tidur. Perhatikan juga posisi tubuh saat tidur, jika mengalami kram ubah posisi tubuh menjadi terlentang dengan bantal di belakang lutut. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro