Aston Inn Pandanaran Semarang turut memeriahkan Hari Anak Nasional dengan menggelar lomba mewarnai. /Foto: Istimewa
Relationship

8 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Saat Lebaran

Redaksi
Selasa, 2 April 2024 - 17:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan Lebaran menjadi momen berharga yang dirasakan oleh umat muslim. Rasa rindu, senang, terharu, semuanya menjadi satu dan siap menyambut hari kemenangan.

Hari Lebaran dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara untuk saling memaafkan dan bersukacita. Hal ini yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mendekatkan kemistri kepada anak, suami, istri, orang tua, maupun keluarga lainnya.

Dilansir dari Atlasia Kids, Selasa (2/4/2024) hubungan anak dan orang tua tidak terlepas dari ikatan batin yang melekat. Adanya perayaan hari Lebaran sangat dinantikan oleh para orang tua, supaya dapat menghabiskan waktu bersama anak-anak. Lantas, apa saja kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak saat lebaran?

Simak kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak:

1. Membuat kartu ucapan bersama

Perayaan Lebaran identik dengan ucapan maaf. Ucapan ini diungkapkan kepada siapapun, karena Lebaran adalah momen untuk mensucikan diri.

Anda dapat memanfaatkan momen tersebut, untuk membuat kartu ucapan selamat hari raya dan mengucapkan maaf dengan perkataan yang tulus.

2. Mengisi hampers bersama

Hampers merupakan serangkaian hadiah yang diberikan dalam bentuk makanan, minuman, dan satu set perlengkapan tertentu. Pemberian ini biasanya dilakukan kepada kerabat dekat.

Anda dapat mengajak anak-anak untuk membantu menata hampers supaya lebih menarik dan bermakna bagi banyak orang.

3. Melihat bulan di malam takbiran

Ketika malam takbir datang, biasanya dihiasi dengan cahaya bulan dan bintang yang menghiasi langit. Anda dapat mengajak anak-anak untuk melihat bulan bersama dan memanfaatkan waktu untuk berbincang bersama.

4. Berbagi amal kepada sesama

Amal merupakan salah satu hal yang mendatangkan banyak pahala dalam kehidupan. Amal diberikan kepada orang yang membutuhkan, diberikan kepada masjid, rumah yatim, maupun kepada orang yang lebih membutuhkan.

Anda dapat mengajarkan anak-anak untuk beramal sejak dini, dan terbisa untuk menerapkan kebaikan serta makna berbagi dalam hidup.

5. Mempersiapkan baju Lebaran

Baju Lebaran merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh umat muslim saat merayakan Lebaran. Dihari yang suci, semua orang ingin tampil menawan dengan pakaian terbaik.

Anda dapat mempersiapkan dan mengenakan baju Lebaran yang sama dengan anak-anak maupun satu keluarga, supaya terlihat serasi dan siap menyambut hari kemenangan.

6. Menyiapkan sajian makanan bersama

Perayaan Lebaran identik dengan sajian kue kering, snack, hingga makanan berat. Anak-anak sangat suka terhadap sajian makanan yang selalu ditata rapi di meja makan.

Anda dapat menyusun dan menata bersama anak-anak mulai dari menyusun permen, wafer, kue kering, dan aneka minuman yang tersedia.

7. Menghias dekorasi

Dekorasi menjadi bagian seru setiap perayaan Lebaran. Semua orang akan mempercantik rumah maupun tempat tinggalnya sebaik mungkin.

Mulai dari tata letak ruangan, warna cat dinding, hingga pernak-pernik yang khas untuk dipajang di ruang tamu.

8. Membaca buku memori bersama

Memanfaatkan momen Lebaran dengan membaca buku memori bersama menjadi momen termahal yang tidak bisa dimiliki oleh setiap keluarga. Buku memori ini dapat berisi catatan kecil yang disertai dengan berbagai foto yang diambil pada tahun sebelumnya. Mengulas kembali cerita yang penuh dengan kehangatan dan kebersamaan, mampu menciptakan suasana yang bahagia.

Jadikan momen Lebaran sebagai waktu untuk mendekatkan diri kepada anak. Ciptakan suasana yang menarik dan berkesan kepada anak, supaya hal tersebut dapat dijadikan memori berharga di masa depan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro