Tips membawa kucing saat mudik/istimewa
Health

Simak 8 Tips Membawa Kucing Saat Mudik Lebaran

Redaksi
Jumat, 5 April 2024 - 20:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mudik menjadi momentum yang paling ditunggu untuk melepaskan rindu kepada keluarga, akan tetapi terkadang sebagian orang yang mempunyai hewan peliharaan khususnya kucing tidak tega meninggalkan ke tempat penitipan maka dari itu tidak sedikit yang membawanya mudik bersama.

Mudik bersama hewan peliharaan seperti kucing pasti akan membuat pengalaman yang berbeda, akan tetapi harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu dilakukan saat membawa hewan ketika mudik agar mereka tidak mengalami dehidrasi selama perjalanan.

Simak tips membawa kucing saat mudik Lebaran:

1. Membawa carrier

Bagi Anda yang ingin membawa kucing dalam perjalanan mudik tahun ini wajib untuk membawa carrier mereka.

Dilansir dari countryliving.com dan feliway.co.uk, membawakan carrier untuk kucing selama melakukan perjalanan jauh wajib dilakukan karena kucing akan lebih mudah stres selama perjalanan apabila sudah mengalami kondisi seperti ini maka mereka akan pergi ketempat yang lebih sempit yakni dibawah jok atau pedal untuk itu carrier dapat digunakan sebagai tempat persembunyian mereka saat mengalami stres dan ketakutan.

2. Memperkenalkan carrier yang dibawa sebelum melakukan mudik 

Wajib untuk memperkenalkan carrier lebih awal kepada kucing sebelum melakukan mudik, hal ini bertujuan agar mereka dapat beradaptasi dan nyaman selama perjalanan karena banyak kucing yang tidak biasa menggunakan carrier jika didalam rumah.

Mulai sekarang cobalah latih mereka untuk terbiasa menggunakan carrier, awalnya memang akan sulit untuk itu persiapkan juga selimut atau mainan favorit mereka didalamnya agar mereka jauh lebih nyaman. 

3. Jangan memberi makan kucing sebelum pergi

Jika ingin membawa kucing saat mudik perlu diperhatikan untuk tidak memberi makan mereka selama 5-6 jam sebelum keberangkatan. Memberi makanan sebelum jam keberangkatan hanya akan membuat mereka mabuk selama perjalan apabila hal ini terjadi tentu akan membahayakan kucing yakni mereka akan mengalami mual, muntah, dan merasakan sakit dibagian perut sehingga dapat mengganggu perjalanan mudik.

4. Jaga suhu dalam selama perjalanan

Suhu yang tidak stabil akan berdampak buruk bagi kucing yakni mereka akan mengalami dehidrasi selama perjalanan untuk itu wajib dalam menjaga suhu didalam mobil.

Pastikan bahwa AC tidak mengalami masalah ketika ingin melakukan perjalanan sehingga suhu dalam mobil tetap terjaga dan sebagai persiapan ketika terjadi hal-hal diluar prediksi maka bawalah kompres es yang dibungkus dengan handuk kemudian letakkan disekitar kandang agar kucing tetap merasa sejuk selama perjalanan.

5. Berhenti sebanyak mungkin

Melakukan perjalanan tanpa adanya istirahat hanya akan berdampak buruk pada kucing yakni mereka akan mengalami stres yang disebabkan dari faktor suara, bau, dan pemandangan yang hanya sebatas didalam mobil saja untuk itu wajib berhenti sesering mungkin selama perjalanan dan ajaklah mereka untuk menghirup udara segar dengan berjalan-jalan ditempat peristirahatan agar kucing tidak mengalami stres yang dapat mengganggu perjalanan mudik Anda.

6. Membawa barang yang mereka sukai

Kucing lebih mudah stres selama melakukan perjalanan untuk itu wajib membawa barang yang mereka sukai seperti selimut, mainan, tempat tidur, atau makanan yang sering dikonsumsi. Barang-barang yang disukai dan familiar bagi mereka akan membantunya dalam mendapatkan kenyamanan sehingga menurunkan risiko stres selama perjalanan pada kucing.

7. Lebih baik melakukan satu perjalan jauh daripada harus membaginya menjadi perjalanan yang pendek

Misalnya Anda akan mudik dengan menempuh perjalanan selama 12 jam, sebagian orang akan berpikir bahwa akan lebih baik bagi kucing apabila membagi perjalanan  menjadi lebih pendek yakni 6 jam dalam sehari sehingga membutuhkan 2 hari untuk sampai pada lokasi tujuan akan tetapi hal ini justru akan berdampak buruk. 

Pada dasarnya kucing tidak suka perubahan, melakukan perjalan 2 hari hanya akan membuat kucing terus beradaptasi dengan lingkungan yang ditempati sehingga akan membuat kucing stres untuk itu mulai sekarang lakukanlah perjalanan dalam satu hari saja.

8. Pastikan tempat kotoran kucing selalu dalam keadaan bersih

Kucing mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa yakni mereka dapat menahan keinginannya untuk membuang kotoran apabila melihat tempatnya kotor untuk itu wajib dalam memperhatikan kebersihan tempat pembuangan kotoran agar mereka tidak menahannya sehingga tidak mengganggu perjalanan mudik yang dilakukan. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro