Mengenal Isfahan, Situs Warisan Budaya Dunia Basis Nuklir Iran yang Dirudal Israel
Travel

Mengenal Isfahan, Situs Warisan Budaya Dunia Basis Nuklir Iran yang Dirudal Israel

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 19 April 2024 - 10:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Israel baru saja meluncurkan serangan rudal ke kota Isfahan di Iran Jum'at 19 April 2024.

Kota ini dikenal sebagai pusat reaktor nuklir di Iran. 

Isfahan atau Esfahan, terletak sekitar 340 km selatan Teheran. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Iran. Penduduk kota ini pada tahun 2000 mencapai 2.040.000. 

Isfahan, yang dikenal sebagai permata Persia kuno, dikenal sebagai salah tujuan utama destinasi wisata di Iran. Jalan raya dengan deretan pepohonan menawan, taman Persia yang hijau, dan bangunan Islam yang monumental menjadi daya tariknya, menawarkan pesona visual yang berbeda dari kota Iran lainnya.

Komunitas perajin yang dinamis di kota ini semakin memperkuat reputasinya sebagai museum budaya tradisional yang hidup, memadukan masa lalu dan masa kini dalam tampilan yang dinamis.

Dilansir dari surfiran, bazar bersejarah di Isfahan, pusat kerajinan dan warisan budaya yang ramai, menawarkan jendela untuk melihat kekayaan budaya kota ini.

Di sini, pengunjung dapat menemukan keindahan kerajinan Persia, mulai dari karpet indah hingga keramik yang dilukis dengan tangan, masing-masing karya menceritakan kisah tradisi dan keterampilan.

Destinasi menarik di Isfahan

Jika Anda berkunjung ke kota ini, salah satu yang tidak bisa dilewatkan yakni menyeberangi jembatan indah Isfahan, termasuk Si-o-se-pol dan Khaju yang terkenal, yang menawarkan momen kedamaian dan refleksi.

Keajaiban arsitektur ini tidak hanya melintasi Sungai Zayanderud tetapi juga merupakan pusat kehidupan sosial kota, menawarkan pemandangan menakjubkan dan tempat berkumpulnya masyarakat.

Di jantung kemegahan arsitektur Isfahan Anda juga bisa mengunjungi Alun-Alun Naqsh-e Jahan yang terdaftar di UNESCO.

Mengenal Isfahan, Situs Warisan Budaya Dunia Basis Nuklir Iran yang Dirudal Israel

Dikelilingi oleh bangunan-bangunan Islam paling indah di kota ini, alun-alun ini merupakan pusat makna sejarah dan estetika, menampilkan kemegahan Masjid Imam, keanggunan Masjid Syekh Lotfollah, dan Istana Ali Qapu yang megah.

Isfahan memikat pengunjung dengan memadukan esensi sejarahnya secara harmonis dengan semangat kehidupan modern. Kota ini tidak hanya menjanjikan perjalanan melewati jalanan dan alun-alunnya yang indah, namun juga pengalaman tak terlupakan akan keindahan dan kehangatannya, meninggalkan kesan mendalam bagi semua orang yang berkunjung.

Karena ubin lukisan tangan yang indah dan alun-alun umum yang megah, kota ini dianggap sebagai salah satu kota terindah di dunia. Sebuah kota kuno dan ibu kota Persia dari tahun 1598 hingga 1722, kota ini telah lama terkenal karena karpet halus dan kerawang peraknya.

Waktu Terbaik Mengunjungi Isfahan

Waktu terbaik untuk mengunjungi Isfahan adalah selama musim semi (Maret hingga Mei) dan musim gugur (September hingga November).

Selama periode ini, cuacanya sejuk dan menyenangkan, ideal untuk menjelajahi arsitektur dan taman kota yang menakjubkan tanpa teriknya musim panas atau dinginnya musim dingin.

Musim semi membawa bonus tambahan dari perayaan Nowruz dan kota ini bermekaran dengan warna-warna cerah, sedangkan musim gugur menawarkan suhu yang nyaman dan lebih sedikit keramaian, menjadikannya sempurna untuk berjalan-jalan santai melalui situs bersejarah dan pasar-pasar yang ramai di Isfahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro