Kenali beberapa makanan yang bisa menurunkan imun tubuh/ilustrasi
Health

Waspada, 7 Makanan dan Minuman yang Bisa Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Redaksi
Selasa, 7 Mei 2024 - 13:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang ingin memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Dilansir dari eatingwell.com dan healthifyme.com, Selasa (7/5/2024) pola makan kurang nutrisi, tambahan gula serta lemak jenuh tinggi menjadi faktor yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Mulai sekarang, Anda wajib memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tubuh tidak mengalami komplikasi akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Apabila sistem kekebalan tubuh menurun maka bisa meningkatkan risiko penyakit nyeri sendi, lupus, diabetes, dan autoimun.

Gejala Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah:

1. Mengalami stres
2. Demam ringan
3. Sakit kepala
4. Mata kering
5. Diare
6. Masalah pada sistem pencernaan
7. Luka lambat sembuh
8. Sering mengalami infeksi
9. Merasa lelah sepanjang waktu
10. Nyeri sendi

Simak Makanan dan Minuman yang Bisa Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

1. Makanan yang digoreng

Di Indonesia banyak sekali jenis makanan yang digoreng, rasa asin bercampur dengan tekstur renyah membuat orang sangat menyukainya. Namun, Anda wajib mengurangi konsumsi segala hidangan yang digoreng, karena kandungan lemak berlebih pada makanan bisa meningkatkan kadar kolesterol dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian menemukan makanan yang digoreng memiliki kandungan senyawa AGEs. Senyawa ini menurunkan kinerja mikrobioma usus sehingga menyebabkan peradangan yang berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.

2. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, kambing, domba, dan babi mengandung gula dan lemak jenuh yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol apabila dikonsumsi berlebihan. Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, maka tubuh sulit mendapatkan sistem kekebalan yang kuat. Akibatnya, tubuh bisa mengalami komplikasi kesehatan seperti masalah jantung, diabetes, hingga kanker.

3. Stroberi

Stroberi memiliki kandungan histamin yakni zat yang menyebabkan alergi, mengonsumsi secara berlebihan juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kelebihan histamin juga meningkatkan risiko terkena sinus. Penyakit ini menyebabkan nyeri hebat pada kepala.

4. Pisang mentah

Pisang mentah memiliki kandungan tinggi lektin yang membuat tubuh sulit mendapatkan sistem kekebalan yang maksimal. Akibatnya, tubuh lebih mudah terkena radikal bebas.

Jika Anda mengonsumsi lektin dalam jumlah banyak bisa berdampak buruk pada kesehatan seperti mengalami mual, muntah, sakit perut, dan diare.

5. Alkohol

Jika Anda mempunyai kebiasaan mengonsumsi alkohol, mulai sekarang hindarilah minuman ini, karena kandungan yang dimilikinya meningkatkan produksi hormon stres kortisol, kadar gula darah, dan mengganggu fungsi insulin. Kondisi ini yang menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Menurut Toxicology Reports, konsumsi alkohol dapat menurunkan kinerja usus sehingga tubuh sulit mendapatkan sistem kekebalan yang maksimal.

6. Soda

Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang menyebabkan tubuh kehilangan sumber vitamin A, magnesium, dan kalsium. Karena itu, Anda wajib mengurangi konsumsi soda setiap harinya agar tubuh tetap mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang maksimal dan terhindar dari komplikasi penyakit berbahaya.

7. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh mempunyai kandungan antioksidan yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Namun, mengonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu kualitas tidur, akibatnya tubuh sulit mendapatkan sistem kekebalan yang kuat.

Apabila Anda sangat menyukai kopi dan teh, Communications Biology menyarankan konsumsi minuman berkafein sebaiknya 6 - 8 jam sebelum tidur.

Berikut cara memperkuat sistem kekebalan tubuh

1. Konsumsi makanan yang seimbang
2. Tidur yang cukup
3. Berolahraga secara teratur
4. Menjaga kebersihan tangan
5. Hindari rokok
6. Kelola stres dengan baik

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro