Daftar menteri kesehatan yang  bukan dari dokter
Health

Seperti Budi Gunadi Sadikin, Ini Daftar 10 Menkes yang Bukan Dokter di Negara Maju

Redaksi
Kamis, 20 Juni 2024 - 20:46
Bagikan

6. Jepang

Keizo Takemi merupakan menteri kesehatan di Jepang yang tidak berlatar belakang ahli kesehatan. Dia diangkat sebagai menteri kesehatan, tenaga kerja, dan kesejahteraan sejak 2023 hingga sekarang.

Menkes Keizo mempunyai background pendidikan hukum. Dia merupakan lulusan dari Keio University dan pernah menjabat sebagai Profesor Ilmu Politik di Tokai University, WHO Goodwill Ambassador. 

7. Korea Selatan

Cho Kyoo-hong merupakan menteri kesehatan dan kesejahteraan Korea Selatan sejak tahun 2022 hingga saat ini. 

Kyoo-hong mempunyai latar belakang pendidikan ekonomi, dia menempuh studinya di Seoul National University dan University of Colorado. Sebelumnya, dia pernah bekerja sebagai politisi independen. 

8. Singapura

Ong Ye Kung menjabat sebagai menteri kesehatan di Singapura sejak tahun 2021 hingga sekarang. Dia merupakan lulusan dari London School of Economics dengan jurusan ekonomi. 

Sebelum dirinya menjabat sebagai menteri, dia pernah menjadi anggota parlemen, PNS, dan politisi. 

9. Malaysia

Dzulkefly Ahmad merupakan menteri kesehatan yang bukan berasal dari dunia medis. Dia merupakan lulusan sains dari Surrey University. Dirinya telah menjabat sebagai menkes sejak tahun 2023 sampai saat ini.

Selain itu, dia pernah mempunyai pengalaman sebagai dosen serta menjabat menjadi anggota parlemen dan direktur. 

10. Thailand

Somsak Thepsuthin telah menjabat sebagai menteri kesehatan masyarakat Thailand sejak tahun 2024. Dia merupakan lulusan sarjana teknik di King Mongkut’s dan administrasi di Institute of Technology di Thammasat University. 

Sebelum Somsak menjabat sebagai menteri, dirinya pernah menjadi wakil perdana menteri. Selain itu, dia juga pernah bekerja sebagai politisi dan anggota parlemen. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro