Wisata Kota Lama Surabaya. Bisnis/Mia Chitra Dinisari
Travel

Mengitari Wisata Kota Lama Surabaya yang Penuh Sejarah

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 31 Juli 2024 - 11:36
Bagikan

Bisnis.com, SUBABAYA- Surabaya dikenal sebagai kota Pahlawan karena dahulu kala ada pertempuran Surabaya yang pecah pasca kemerdekaan RI.

Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur yang menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian sekaligus kota terbesar di provinsi tersebut.

Surabaya juga merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Kota Jakarta. 

Sebagai salah satu kota terbesar, Surabaya juga menjadi destinasi wisata dan bisnis orang Indonesia dari berbagai daerah.

Salah satu destinasi wisata terkenal di Surabaya yaitu wisata Kota Lama.

Kota Lama Surabaya adalah kawasan wisata heritage Kota Tua Surabaya dengan warisan sejarah yang merekam sejarah panjang perkembangan sejak abad ke-17. Kota Lama Surabaya memiliki daya tarik arsitektur bangunan kolonial yang megah, jalan-jalan yang sarat sejarah, dan suasana nostalgik yang kental. 

Di Kota Lama ada terbagi empat zona wisata heritage. Yakni zona Eropa, Pecinan, Arab, dan Melayu, yang  dahulu menjadi pusat perekonomian.

Banyak toko-toko yang didirikan etnis Tionghoa di sepanjang Jalan Kya-Kya Kembang Jepun, serta banyak saudagar dari Arab dan negara timur yang berdagang.

Kali ini, Bisnis berkesempatan berkeliling kota Lama Surabaya dengan menumpangi mobil tour wagen jaman dahulu.

Harga tiket yang dibanderol untuk menaiki mobil ini yakni Rp20.000 per orang.

Mengitari Wisata Kota Lama Surabaya yang Penuh Sejarah

Lokasi titk awal keberangkatan berada di dekat Balaikota Surabaya. Kemudian, Anda akan diajak berkeliling ke lokasi wisata heritage dengan menggunakan mobil terbuka dengan kapasitas hingga 14 orang tersebut.

Beberapa titik menarik di kawasan Eropa dapat dimulai dari Taman Sejarah Surabaya. Selanjutnya, para pelancong bisa dengan mudah bergeser dan mengunjungi lokasi lainnya.

Seperti mengunjungi Gedung Internatio, Gedung Cerutu, Pabrik Limun (Siropen), Museum Hoofdbureau, PTPN IX, Posbloc Surabaya (Kantor Pos Kebonrojo), Sentra Wisata Kuliner (SWK) Kasuari, De Javasche Bank, Telkom Garuda, Jembatan Merah Plaza (JMP), Jembatan Merah, Penjara Kalisosok, dan Orlando Es Krim.

Mengitari Wisata Kota Lama Surabaya yang Penuh Sejarah

Selain memakai mobil, Anda juga bisa walking tour yang ditawarkan beberapa agen tour dan travel dan beberapa komunitas yang ada di Kota Pahlawan.

Rute walking tour ini mulai dari Taman Jayengrono - Jembatan Merah - Bangunan Bersejarah di Jalan Rajawali - Gedung Internatio - Gedung Telkom - Penjara Kalisosok - De Javasche Bank.

Atau ada juga rute Taman Jayengrono - Viaduct Ex Halte Trem - Museum Hoofdbureau - bangunan bersejarah di Jalan Jembatan Merah, dan Jalan Veteran - Pos Bloc.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro