Ponsel menjadi kebutuhan masyarakat saat ini/ispyoo.com
Health

Pemakaian Handphone Sebabkan Kanker?

Nancy Junita
Senin, 22 Desember 2014 - 11:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Banyak di antara kita telah mendengar informasi bahwa pemakaian ponsel (handphone) mungkin menyebabkan kanker. Namun, ketika orang lain fokus pada pemakaian ponsel menyebabkan kanker, ada sebagian orang yang fokus pada satu hal penting dari peringatan bahaya pemakaian ponsel yakni: mungkin.

SIMAK: Bahan Kimia Berbahaya, Paraben & Formalin, Pengawet Kosmetik

Seperti dilansir Medicaldaily.com pada 18 Desember 2014, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa pemakaian ponsel menyebabkan penyakit apapun, seperti kanker.

Mengutip pernyataan Healthcare Triage dalam video yang dirisilis di Youtube, sejumlah keterangan dan fakta perihal hubungan pemakaian ponsel dengan kanker dikompilkasi.

Hasilnya, ponsel Anda sangat mungkin tak menyebabkan kanker. Pada video itu disebutkan bahwa faktor utama yang menjadi dasar klaim bahwa ponsel menyebabkan kanker adalah radiasi yang berasal dari ponsel, namun radiasi yang dikeluarkan ponsel adalah radiasi non-ion.

Radiasi ini sama dengan yang dikeluarkan oleh peralatan microwave dan radar. Tak seperti radiasi ion yang berasal dari mesin sinar X. Disebutkan, radiasi non-ion ini tak merusak unsur genetika (DNA), dan sejauh ini belum ada penelitian perihal radiasi ini menyebabkan kanker.

Fakta lain yang diungkap Healthcare Triage adalah hasil studi yang tak konsisten perihal hubungan ponsel dengan kanker. Studi sebelumnya, studi kasus-kontrol, mengaitkan antara pemakaian ponsel dan kanker.

Namun, studi ini lemah karena tak mampu menyebabkan sebab dan akibat di antara keduanya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi tiga miliar orang menggunakan ponsel. Tentu saja, ada pengguna ponsel yang menderita kanker, tetapi tidak seperti kanker paru-paru dan rokok. Adapun dampak pemakain ponsel saat ini adalah waktu tidur dari pengguna ponsel bisa berkurang. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Kosmetik Revlon Mengandung Bahan Kimia Berbahaya Formalin & Paraben

Cowok Ini Habiskan 150 Ribu Dolar AS untuk Operasi Demi Mirip Kim Kardashian

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Medicaldaily.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro