Ilustrasi/Galleryhip
Relationship

Para Manajer, Lakukan 7 Hal Ini Untuk Bersikap Adil Pada Bawahan

Andhina Wulandari
Senin, 22 Desember 2014 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Memperlakukan bawahan dengan adil di tempat kerja bukan hanya sekadar tanggung jawab moral, tapi diperlukan untuk pertumbuhan perusahaan.

Ketika seorang pekerja merasa diperlakukan tidak adil, maka dia bisa merasa rendah diri dan produktivitasnya pun dapat terganggu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan para manajer atau atasan untuk bersikap adil pada bawahannya.

1. Hindari sikap pilih kasih

Sebisa mungkin hindari menunjukkan sikap pilih kasih kepada satu pekerja tertentu, dibanding dengan yang lainnya. Dengan melakukan hal itu dapat menyebabkan pekerja yang lain merasa benci pada Anda. Apa yang berlaku pada satu karyawan, harusnya bisa berlaku untuk semua. Jangan melakukan diskriminasi berdasarkan ras, usia, agama, orientasi seksual, jenis kelamin, ketidakmampuan, atau kualitas lainnya.

2. Promosi sesuai kemampuan

Berikan promosi jabatan pada seorang bawahan hanya berdasarkan pada kemampuannya dalam bekerja, bukan karena hubungan personal. Jika sebaliknya, promosi itu akan dianggap tidak adil oleh pekerja lainnya, yang merasa lebih berkualitas dalam bekerja.

3. Beri kesempatan sama

Jika ada lowongan untuk jabatan tertentu, maka setiap pekerja harus bisa melihatnya. Jangan beritahukan secara lisan kepada beberapa orang saja, karena semua pekerja harusnya memiliki kesempatan yang sama.

4. Dengarkan

Saat bawahan Anda memberikan pendapat, maka dengarkan baik-baik. Dengan mendengarkan bawahan artinya Anda menunjukkan bahwa opini mereka sangat penting. Jika hanya Anda yang berbicara, bawahan hanya akan merasa diperlakukan tidak adil.

5. Pastikan semua tahu aturan

Berikan bawahan buku atau daftar aturan untuk menjaga kedisiplinan kerja mereka. Maka ketika seorang pekerja diminta untuk disiplin soal jam kerja, lakukan hal yang sama dengan pekerja lainnya. Ketika satu orang harus bekerja berdasarkan tenggat waktu, pekerja yang lain juga harus ikuti aturan yang sama.

6. Penghargaan yang adil

Kenali pekerja yang berhasil dan berikan dia penghargaan, tanpa melihat posisi dia dalam struktur hierarki perusahaan.

7. Anda bukan raja

Perlakukan bawahan sebagai anggota tim. Ingatlah Anda adalah pemimpin, bukan raja yang bisa memerintah seenaknya. Anda butuh mereka, sama halnya dengan mereka butuh Anda. Karena itu perlakukan mereka sebagai bagian dari anggota tim yang memiliki visi dan misi sama. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

9 Kesalahan Saat Kencan Pertama Sering Dilakukan oleh Pria

Cara Membersihkan Kuas Makeup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Chron/Ehow
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro