Ilustrasi/imoney
Relationship

Kartu Kredit Lebih Dari Dua? Awas Utang Membengkak

Tisyrin Naufalty Tsani
Sabtu, 18 April 2015 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Anda punya kartu kredit? Para pengguna kartu ini harus berhati-hati dalam menggunakannya, jika tidak, angka tagihan yang fantastis bisa membuat kepala cenat-cenut.

Perencana keuangan dari PT Zapfindo Arzieta Perdana (ZAP Finance) Prita Hapsari Ghozie mengungkapkan, tagihan kartu kredit bisa memberatkan jika limit kartu kredit berlipat-lipat kali dari gaji atau jika penggunanya terlalu nafsu saat berbelanja.

"Ingat, bagi yang bergaji di bawah lima juta per bulan juga kerap merasakan terjerat hutang kartu kredit saat memilikinya lebih dari dua," ujarnya.

Dia pun menyarankan berhenti menggunakan kartu kredit jika tagihan sudah membengkak. Kemudian cobalah untuk mengecek tagihan, berapa besar pemakaian untuk belanja dan berapa biaya bunga yang dibebankan.

Selanjutnya, segeralah untuk membayar lunas saldo tagihan atau memperbesar jumlah pembayaran kartu kredit setiap bulannya.

“Jika mungkin jual kembali barang untuk menutup utang,” katanya kepada Bisnis.

Jika seseorang hanya memiliki satu sumber penghasilan dan kesulitan membayar tagihan kartu kredit maka gunakanlah kartu kredit hanya dalam keadaan darurat. Selain itu, batasi limit kartu kredit maksimal hanya satu bulan gaji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro