7 Eskalator Tertinggi dan Terpanjang di Dunia, Central Mid Levels Escalator di Hong Kong salah satunya/govhk.gov.hk
Travel

7 Eskalator Tertinggi dan Terpanjang di Dunia

Redaksi
Jumat, 26 April 2024 - 09:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hong Kong menjadi salah satu negara yang mempunyai eskalator tertinggi dan terpanjang dibandingkan negara lainnya.

Eskalator merupakan teknologi cukup modern yang dapat memudahkan perpindahan seseorang dari semula berada di bawah bisa naik ke lantai berikutnya atau sebaliknya tanpa harus berjalan kaki.

Biasanya eskalator merupakan tangga berjalan otomatis yang menghubungkan satu lantai ke lantai lainnya. Tapi, ada beberapa eskalator yang panjangnya lebih tinggi karena menghubungkan langsung beberapa lantai sekaligus.

Berikut 7 eskalator tertinggi dan terpanjang di dunia

1. Central Mid Levels Escalator, Hong Kong

Hong Kong menjadi negara peringkat nomor satu yang memiliki eskalator terpanjang di dunia yakni Central Mid Levels Escalator.

Dilansir mentalfloss.com, central mid levels escalator merupakan nama eskalator yang menghubungan antara Central District dan Western District, eskalator peringkat nomor satu paling panjang di dunia.

Eskalator ini dibangun sejak tahun 1993 dengan tinggi mencapai 135 meter dan panjang 800 meter.

2. Eskalator Huangguan, China

Eskalator chongqing lianglukou huangguan merupakan nama eskalator terpanjang yang berada di negara China yakni memiliki panjang 112 meter dengan lebar 1,3 meter dan tinggi 52,2 meter.

Eskalator ini berjalan dengan kecepatan 0,75 meter per detik tanjakan 30 derajat.

Eskalator Huangguan menghubungkan kereta bawah tanah jalur 1 dan jalur 3 kota ke stasiun Lianglukou dan stasiun kereta Caiyuanba.

Eskalator Huangguan yang beroperasi sejak 1996 pernah ditutup sementara karena mengalami beberapa masalah, tetapi pada tahun 2022 eskalator ini sudah kembali beroperasi seperti biasanya.

3. Eskalator Trampe, Norwegia

Trampe merupakan eskalator sepeda pertama yang ada di dunia dan menjadi salah satu eskalator tertinggi yakni memiliki panjang 128 meter atau 420 kaki dengan kecepatan 2m/detik (4-5 mph).

Eskalator trampe dibangun sejak tahun 1993 diperuntukkan bagi pengguna yang ingin melakukan perjalan dengan membawa sepeda ke sisi bukit Norwegia. Cara sepeda itu naik eskalator yakni dengan cara meletakkan kaki kanannya diatas alas kaki dan didorong perlahan ke atas.

4. Elbphilharmonie Concert Hall, Jerman

Elbphilharmonie concert hall merupakan nama eskalator di Jerman yang memiliki panjang 80,2 meter dengan desain cukup melengkung, sehingga menjadikan eskalator ini berbeda dengan eskalator pada umumnya.

Eskalator elbphilharmonie concert hall ini dibuat dalam kurun waktu satu tahun oleh Heiner Zeiger, yakni tepatnya pada tahun 2007 hingga 2008 dan telah beroperasi sejak November 2016.

5. Umeda, Jepang

Umeda menjadi salah satu eskalator tertinggi yang ada di dunia yakni dengan panjang hingga 173 meter, eskalator ini berada di Jepang tepatnya dikota Osaka.

Eskalator umeda berada diantara dua menara Umeda Sky Building yang sudah dibangun sejak tahun 1993, dan masih beroperasi sampai saat ini.

6. Enshi, China

Eskalator yang berada di China yakni enshi, memiliki panjang hingga 688 meter dengan ketinggian sekitar 250 meter. Eskalator ini  dibangun untuk mempermudah akses para pengguna kereta bawah tanah.

Selain tembok batu yang menjadi ciri khas negara China, eskalator enshi juga menjadi salah satu infrastruktur yang diminati para turis yang berkunjung ke negara ini.

7. Eskalator Taman Stasiun Pobedy, Moskow

Eskalator taman stasiun pobedy yang berada di negara Moskow ini menjadi salah satu eskalator tertinggi di dunia, dengan memiliki panjang hingga 130 meter.

Alasan dibangunnya eskalator pobedy ini karena melihat cukup dalamnya peletakan jalur pada stasiun, sehingga akan menyulitkan para pengguna apabila ingin mengganti dari satu jalur ke jalur lainnya. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro