Desain rumah minimalis/minimalis.com
Fashion

Cara Cerdas Kurangi Pengeluaran untuk AC di Rumah

Azizah Nur Alfi
Selasa, 7 Juli 2015 - 09:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Menciptakan hawa sejuk dalam hunian dapat dipersiapkan sejak rancangan rumah dibuat. Salah satunya dengan memperhatikan ketinggian plafon untuk menciptakan
suasana yang lebih dingin.

Arsitek Tito Wijaya menuturkan, semakin tinggi ketinggian plafon maka akan memberikan efek dingin yang disebabkan bebasnya angin yang masuk. Dia menyarankan ketinggian plafon pada hunian berada di kisaran 3,75-4 meter untuk menghindari suasana panas. Ketinggian ini akan memengaruhi ruang gerak pada angin secara keseluruhan.

Sebuah hunian umumnya memiliki ketinggian plafon 3,5 meter. Konsumen saat ini lebih cerdas, bagaimana menyiasati pengeluaran bulanan mereka. Bagaimana mengatasi cuaca panas secara alami, tanpa mengorbankan bulanan yang lebih besar, kata lulusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhamadiyah Solo ini.

Cara lain untuk mengurangi panas dalam ruang yakni dengan memperhatikan ventilasi udara. Ruangan yang selalu terasa panas dapat diatasi dengan memperhatikan peletakan bukaan seperti kaca jendela. Agar pertukaran udara dalam ruangan berjalan baik, maka perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation). Setidaknya ada dua buah jendela yang saling berhadapan dalam satu ruangan.

Tito menyebut, zonasi ruang juga dapat berpengaruh pada pengurangan suhu. Zonasi ruang ini berarti menempatkan fungsi sebuah ruang disesuaikan dengan kegiatannya. Peletakan dapur dengan aktivitas dari pagi hingga sore hari, maka disarankan untuk peletakan di sisi bagian timur. Sebaliknya, peletakan tempat tidur di sisi bagian barat karena kegiatan lebih banyak pada malam hari.

Dengan zonasi ini maka aktivitas dalam ruang tidak terganggu dengan iklim yang panas, sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro