Bosan dengan Tampilan Rumah? Ini 8 Tips Renovasi Rumah Mewah Versi Low Budget/reuters
Entertainment

Bosan dengan Tampilan Rumah? Ini 8 Tips Renovasi Rumah Mewah Versi Low Budget

Redaksi
Senin, 10 Juni 2024 - 13:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin Anda pernah merasa bosan dan jenuh ketika melihat isi rumah yang terkesan sederhana.

Salah satu isi pikiran yang terdapat di dalam otak adalah membangun rumah dengan konsep mewah, minimalis, dan tentunya tidak menghabiskan banyak uang.

Maka dari itu, Anda harus mampu belajar memahami tips yang tepat untuk merenovasi rumah mewah versi low budget.

Rumah merupakan tempat terpenting bagi manusia. Tempat yang memiliki sejuta kenangan tersebut, menjadi salah satu teman dan saksi atas setiap perjalanan di dalam kehidupan.

Umumnya, manusia menjalani renovasi rumah dengan berbagai alasan seperti rusak, memperbarui, mengganti konsep, dan sebagainya.

Sebagian masyarakat kerap membangun rumah disertai dengan momen-momen tertentu seperti hari raya, perayaan pesta, maupun lainnya yang melibatkan suasana hati menjadi nyaman.

Maka dari itu, orang-orang memilih melakukan renovasi rumah dengan konsep terbaru, mewah, dan minimalis.

Untuk mewujudkan impian tersebut, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah mengelola dana meminimalisir bujet pengeluaran.

Dilansir dari Forbes dan blackhousere.com, inilah 8 tips merenovasi rumah mewah versi low budget:

1. Menetapkan anggaran yang tepat

Menetapkan anggaran yang tepat merupakan langkah awal dalam melakukan renovasi rumah. JIka Anda memiliki konsep yang mengikuti bujet, maka hal yang dilakukan adalah menyesuaikan jenis renovasi yang tepat.

Dalam hal ini Anda harus memiliki gambaran yang cukup terkait dengan penyesuaian bujet dengan konsep terkait. Pastikan spot tertentu yang ingin diubah, dan carilah referensi harga yang sesuai dengan luas bangunan rumah.

2. Mencari konsep desain yang diinginkan

Mencari konsep rumah adalah salah satu hal yang diperlukan sebelum proses renovasi dilakukan. Untuk menghasilkan rumah impian, Anda dapat mencari konsep yang sesuai dengan ide dan gagasan yang diinginkan. Carilah referensi konsep dalam internet maupun media sosial, yang sifatnya menarik dan dapat disesuaikan dengan bujet awal.

Tentukan konsep secara tepat dengan memperhatikan tata letak, kebutuhan barang, jumlah kamar, dan sebagainya. jIka diperlukan, perlu carilah gambaran properti yang diinginkan untuk mengisi rumah baru tersebut.

3. Kembangkan renovasi bersama kontraktor

Kontraktor merupakan salah satu layanan penyedia jasa yang bergerak pada bidang konstruksi atau pembangunan. Anda dapat menggunakan layanan jasa tersebut untuk mewujudkan rumah impian secara tepat dan sesuai dengan bujet yang diinginkan.

Kontraktor akan membantu Anda dalam menyesuaikan konsep, melakukan renovasi, dan merekomendasikan pembangunan secara praktis sesuai dengan bujet yang diinginkan. Dalam hal ini, kontraktor akan menjadi pemborong yang akan merenovasi rumah tersebut.

4. Memeriksa setiap perkembangan

Memeriksa setiap perkembangan renovasi rumah adalah salah satu hal yang dilakukan untuk mengetahui jumlah pengeluaran, progres renovasi, dan memeriksa semua kendala yang terjadi di lapangan. Anda dapat memeriksa proses renovasi tersebut dalam kurun waktu satu minggu hingga satu kali dalam sebulan.

Hal yang perlu dilakukan saat memeriksa perkembangan tersebut adalah mencatat seluruh progres, melihat dan mencoba secara langsung kebutuhan isi rumah, dan membantu para tukang dalam mengisi perabotan di rumah tersebut.

5. Membeli perabotan sesuai kebutuhan

Membeli perabotan rumah dapat dilakukan saat proses pembangunan berjalan sekitar 50%. Persentase tersebut mampu menunjukkan hasil dan bentuk rumah yang dapat dilihat oleh banyak orang.

Anda dapat berbelanja perabotan rumah tangga yang sesuai dengan tata letak dan besaran bangunan rumah. Dalam hal ini Anda harus berbelanja sesuai dengan bujet dan kebutuhan.

Hindari pembelian barang yang tidak dapat digunakan dalam jangka panjang.

6. Jalin komunikasi yang baik dengan kontraktor

Menjalin komunikasi yang baik dengan kontraktor merupakan hal terpenting bagi banyak orang. Jika Anda ingin renovasi rumah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan hasil yang diinginkan, maka jalin komunikasi yang baik dan responsif dengan kontraktor.

Contohnya adalah dengan memenuhi kebutuhan pembangunan, mengikuti alur kerja yang dilakukan oleh kontraktor, dan tidak mempersulit pekerjaan. Dalam hal ini, Anda perlu membantu dan bekerjasama yang baik demi mewujudkan rumah impian.

7. Merencanakan dana tidak terduga

Merencanakan dana yang tidak terduga adalah satu hal terpenting supaya proses renovasi rumah dapat berjalan sesuai dengan rencana. Jika Anda memiliki dana awal 150 juta, maka dana tidak terduga yang harus disiapkan sebesar Rp15.000.000-Rp30.000.000.

Jumlah dana tidak terduga tersebut berkisar 10%-20% dari jumlah seluruhnya. Dana tidak terduga tersebut akan digunakan ketika proses renovasi rumah membutuhkan keperluan yang lebih, dan bersifat urgensi. Melalui dana tidak terduga tersebut, Anda memiliki simpanan dana untuk meminimalisir pengeluaran yang tidak pasti.

8. Menentukan waktu yang pasti

Dalam melakukan proses renovasi rumah, Anda harus menentukan waktu yang tepat dari awal hingga akhir. Menentukan waktu renovasi rumah, dapat dilakukan untuk meminimalisir bujet, dan menghindari pengeluaran yang tidak pasti.

Jika Anda ingin melakukan renovasi rumah, maka diskusikan waktu tersebut bersama kontraktor. Sampaikan seluruh keinginan yang diinginkan terkait dengan waktu, bujet, konsep, dan lainnya. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro