Ilustrasi cacing di usus/Istimewa
Health

Cacingan Rugikan Negara Miliaran Rupiah

Newswire
Kamis, 5 November 2015 - 16:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Penyakit yang disebabkan cacing bila tak ditangani serius bisa berdampak buruk bagi tubuh penderita.

 Bila ini dibiarkan bisa merugikan negara miliaran rupiah, menurut Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Kementerian Kesehatan, Vensya Sitohang.

"Bila sumber daya manusia kita terkena penyakit cacingan semua, dalam jangka panjang bisa merugikan negara hingga miliaran rupiah. Negara kita juga tidak bisa produktif dan bersaing dengan negara lain," kata dia di Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Vensya mengatakan, dampak cacing gelang misalnya, menyebabkan penderita kekurangan nutrisi (terutama karbohidrat dan protein). Kehilangan karbohidrat saja mampu merugikan negara hingga Rp 42 miliar per tahunnya.

Kemudian, cacing tambang dan cambuk yang bisa menyebabkan penderita kehilangan darah masing-masing sekitar 57 juta liter dan 2,8 juta liter per tahun. Akibatnya, penderita rentan terkena anemia.

Oleh karena itu, Vensya mengimbau masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat, di samping mengonsumsi obat cacing minimal sekali dalam setahun

"Obat cacing mampu menurunkan angka anak tidak masuk sekolah sampai 25 persen, menurunkan kurang gizi sampai 60%, menurunkan anemia 59 %, serta meningkatkan pertumbuhan 20% berat badan, dan 7 % tinggi badan," kata dia.

WHO pada 2013 mengungkapkan, lebih dari 67 juta anak Indonesia membutuhkan pengobatan pencegahan cacingan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro