Ilustrasi cacing di usus/Istimewa
Health

Awas! Cacingan dapat Menghambat Prestasi Anak

Choirul Anam
Minggu, 22 Oktober 2023 - 12:37
Bagikan

Bisnis.com, MALANG—Cacingan dapat menghambat prestasi anak karena efek infeksi cacing pada anak dapat mengganggu pertumbuhan sehingga perlu segera diobati.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Hawin Nurdiana, mengatakan cacing adalah salah satu parasit yang dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gejala penyakit. Kondisi tersebut disebut sebagai cacingan.

“Cacingan biasanya terjadi pada anak-anak sebab mereka belum dapat menjaga dan membersihkan dirinya sendiri,” ujarnya, Sabtu (21/10/2023).

Oleh karena itu, dia mengingatkan, sangatlah penting bagi anak berumur lebih dari dua tahun untuk mengkonsumsi obat cacing. Efek infeksi cacing pada anak dapat mengganggu pertumbuhan dan mengganggu prestasi sekolah.

“Ada beberapa akibat dari infeksi cacing pada anak, yaitu dapat membuat anak lemas, lesu, pucat, serta nafsu makan menjadi berkurang. Jika nafsu makan anak berkurang, maka pertumbuhan pada anak pun akan terganggu. Jika anak lemas, lesu, dan pucat, maka saat menyerap pelajaran pun akan kesulitan,” ujar Hawin, sapaan akrabnya.  

Dokter yang juga praktek di RSU UMM menambahkan,  gejala cacingan lainnya yakni muncul dalam bentuk diare yang berlendir hingga berdarah. Namun, tidak semua diare berlendir dan berdarah itu disebabkan oleh cacingan sehingga tinjanya harus diperiksakan lebih lanjut lagi dan mendapatkan penanganan.

“Jika sudah bergejala sampai mengganggu kesehatan anak, maka mengkonsumsi obat cacing bisa dicoba sebagai terapi. Dengan mengonsumsi obat cacing, harapannya bisa mengatasi infeksi cacing,” jelasnya.

Beberapa tips untuk menghindari penyakit cacingan,  yakni menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), misalnya dengan mencuci tangan sebelum makan dan minum.

Memakai alas kaki, utamanya di luar rumah agar kulit tidak melakukan kontak langsung dengan tanah.

Selanjutnya, memperhatikan kebersihan makanan. Contohnya, mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi. Sebab, hal itu merupakan salah satu sumber penularan. Bisa saja terdapat telur cacing pada makanan dan minuman yang ingin kita konsumsi.

Berikutnya, memotong kuku seminggu sekali serta mengkonsumsi obat cacing secara rutin terutama di lingkungan yang endemis, menjaga kebersihan secara umum seperti menjaga kebersihan rumah, sprei, halaman, dan lainnya. Saran lain, rutin mengkonsumsi obat cacing enam bulan sekali.

 “Misalnya ada cacing kremi yang ditularkan lewat sprei. Cacing kremi biasa keluar dari anus anak pada malam hari, sehingga kena sprei dan tempat sekelilingnya. Jika kita tidak menjaga kebersihannya, maka bisa menular ke orang sekitar,” ucapnya.

Hawin berharap agar sekolah dan masyarakat sekitar bisa  lebih sering memberikan edukasi terkait infeksi cacing. “Ini tidak boleh diremehkan. Infeksi ini akan sangat merugikan generasi Indonesia, mengingat anak-anak merupakan generasi muda Indonesia yang sangat berharga,” ujarnya. (K24)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro