Ilustrasi/Wisegeek
Relationship

Bukan Kopi & Teh, Begini Cara Atasi Kantuk Saat Bekerja

JIBI
Rabu, 31 Agustus 2016 - 16:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat kantuk menyerang di tengah kesibukan kerja, sebagian orang mengalihkannya dengan meminum kopi atau teh.

Apalagi kini tengah musim hujan. Bekerja sambil menikmati kopi atau teh hangat tentu terasa lebih menyenangkan. 

Namun, patut diingat, kopi dan teh mengandung kafein yang bisa membuat orang kecanduan. Terlalu banyak mengonsumsi kafein menimbulkan dehidrasi. Sebaiknya, mulai sekarang kita belajar mengurangi asupan kafein. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.

1. Atur diet untuk mendapatkan lebih banyak energi
Makan dalam ukuran kecil, tapi makan yang lebih sehat dan perbanyak minum air putih. Jadikan buah-buahan sebagai camilan, sehingga Anda tidak terserang lapar sekaligus meningkatkan energi.

2. Jaga pola tidur Anda
Menjaga pola tidur malam dan mengambil waktu sekitar 10-15 menit untuk tidur siang. Bagi Anda yang bekerja, manfaatkan waktu istirahat siang untuk tidur.

 3. Gerakkan tubuh
Saat kantuk menyerang, padahal Anda semestinya tidak tertidur, lakukan sedikit gerak tubuh. Pertama-tama memang akan membuat Anda kelelahan, tapi kemudian energi yang lebih banyak akan masuk ke tubuh dan membuat bugar.

4. Pilih camilan sehat
Ganti camilan pagi dan siang hari dari yang serba manis menjadi yang serba sehat, seperti gandum atau makanan tinggi protein. Itu akan membuat Anda terjaga, alih-alih gula yang lebih cepat membuat Anda mengantuk.

5. Cuci muka atau mandi
Saat kantuk menyerang, cuci muka atau jika memungkinkan mandi. Bagi Anda yang muslim, mengambil wudu dan menjalankan salat secara teratur bisa membuat tetap segar dan terjaga.

6. Alihkan perhatian 
Alihkan perhatian sejenak dari rutinitas pekerjaan saat jenuh datang. Main games sebentar atau mengutak-atik gawai.

7. Istirahat
Hentikan aktivitas, ambil waktu untuk istirahat sejenak. Pergilah ke balkon atau berjalan-jalan. Kunjungi teman di divisi lain, sekaligus menjadi ajang bertukar pikiran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro