Kilau Memukau Koleksi Le Diamant Cartier./Bisnis
Fashion

Kilau Memukau Koleksi Le Diamant Cartier

Wike Dita Herlinda
Senin, 26 September 2016 - 03:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa di dunia ini yang tidak terpikat kemilau berlian? Selama ratusan tahun, batu mulia itu diakui sebagai simbol kemewahan, keglamoran, keromantisan, dan keindahan dalam tatanan perhiasan maupun status sosial.

Bicara soal berlian, sebuah nama yang selalu identik dengan batuan mewah itu adalah Cartier. Salah satu perusahaanluxury goods paling terkenal di dunia itu kembali memanjakan para penggemar berlian dengan pameran perhiasan elit bertajuk Le Diamant Cartier.

Sejak 1847, perusahaan konglomerasi yang didirikan Louis Cartier di Prancis itu telah memproduksi begitu banyak koleksi berlian legendaris; mulai dariTaylor-Burton, The Hope, The Star of the South, hingga Cartier Magicien yang baru diluncurkan Juli tahun ini.

Seluruh karya fenomenal rumah mode Cartier digarap dengan presisi tinggi oleh tangan-tangan 130 seniman berpengalaman di sebuah laboratorium bersejarah yang terletak di 13 rue de la Paix, Paris. Enam orang yang disebut ‘hunters’ mengerjakan berlian di bawah 6 karat.

Sementara itu, enam orang lain menggarap material High Jewellery. Setiap berlian harus memenuhi kriteria 4C (cut, color, clarity, dan carat weight) dan dievaluasi oleh 13 pakar. Berlian yang lolos seleksi lantas diperiksa lagi sebelum dinyatakan layak digunakan Cartier.

Dengan proses produksi yang begitu ketat dan berstandar tinggi, tidak mengherankan jika Cartier mengukuhkan statusnya sebagai produsen berlian terbaik di dunia. Penggemar berlian dari rumah mode itu pun merajalela, termasuk di kalangan sosialita Indonesia.

Senior Public Relations Executive Cartier Zhiyi Lim menjelaskan dalam eksibisi Le Diamant Cartier, terdapat beberapa koleksi yang dipamerkan, seperti;PanthèreEtincelle de Cartier, sertapreview eksklusif koleksi Coup d’eclat de Cartier yang akan diluncurkan Oktober.

“Selain itu, beberapa koleksi ikonik Cartier juga dipamerkan. Misalnya koleksi the LOVE, the Trinity, the Juste Un Clou, dan the Amulette de Cartier yang masing-masing dirancang secara dramatis untuk merepresentasikan berbagai emosi dan sentimen,” jelasnya.

Salah satu koleksi yang paling menarik adalah Panthère. Terinspirasi dari kehidupan unik satwa liar, koleksi ini menonjolkan kekuatan, kewibawaan, dan eksotika kucing besar (panther) pada potongan berliannya.

Koleksi ini juga terinspirasi oleh kecantikan burung cinta dan keindahan liukan ular. Terdapat set-set jam tangan mewah, cincin, anting, dan kalung dalam koleksi ini. Semuanya menonjolkan bentuk kepala panther yang didesain oleh seniman kertas Jeff Nishinaka.

Selain menyingkap sisi eksotis dalam karya-karyanya, Cartier tetap memamerkan koleksi klasik yaitu berbagai perhiasan dengan berlian sebagai highlight-nya. Sebab, produk Cartier terlaris adalah tipe perhiasan dengan berlian tunggal (solitaire) sebagai sentral.

Zhiyi menjelaskan setiap berlian solitairedalam sebuah perhiasan menyimpan memori berharga bagi pemakainya. Setiap koleksi solitaire Cartier dikerjakan oleh lima perajin yang mengolah batuan mewah itu ke dalam berbagai bentuk otentik dan memiliki kesan personal.

Koleksi berlian solitaire terbaru Cartier adalah Etincelle de Cartier, yang bernuansa simpel tapi elegan dan tidak lekang digerus waktu. Koleksi ini juga sesuai untuk momen spesial seperti pertunangan atau pernikahan.

Sebagai highlight dari pameran perhiasan tersebut, Cartier memanjakan para penggemarnya dengan previeweksklusif atas koleksi terbarunya yang akan diluncurkan pada Oktober. Koleksi ini menonjolkan tiga unsur utama berlian, yaitu kilau, proporsi, dan gerakan.

Koleksi bertajuk Coup d’eclat de Cartieritu mengelaborasi berbagai potongan memutar, memilin, dan facet untuk menghasilkan kemilau yang menjadi karakter dominan rumah mode tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro