Ilustrasi: Bunga tulip/woodenshoe.com
Fashion

Begini Sensasi Saat Ruangan Didekorasi Bunga Asli

Dika Irawan
Selasa, 18 Oktober 2016 - 11:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dekorasi ruangan menggunakan bunga artifisial rasanya sudah biasa. Bagaimana jika sebuah ruangan didekorasi dengan bunga-bunga asli yang dipetik langsung dari kebun?

Soal penggunaan bunga artifisial dapat dimaklumi karena bunga tersebut tahan lama dan tak perlu perawatan lebih. Sebaliknya menggunakan bunga asli harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk merawat dan menggantinya.

Baru-baru ini penggunaan bunga asli untuk keperluan dekorasi coba dipraktikkan Central Department Store di salah satu tokonya di Jakarta. Selama lima hari ratusan kuntum bunga segar didekorasi di tiap lantai pasaraya tersebut. Alhasil dekorasi bunga itu menjadi perhatian tersendiri bagi para pengunjung.

Pada lantai ground floor, Central Department Store menciptakan vokal poin serupa labirin dengan tirai dari bunga dendrobium putih. Tujuannya untuk menghadirkan inspirasi aman gantung lengkap dengan gazebo berselimut bunga segar mulai dari mawar, dendrobium, hydrangea dan lainnya.

Kemudian di lantai satu, masih dengan inspirasi yang sama pusat belanja itu menggunakan ayunan berhias bunga dan tanaman hidup seperti cala lily, mawar, bunga matahari.

Lisa Marly, head of visual merchandising Central Department Store Jakarta mengatakan konsep dekorasi bunga segar ini ingin memberikan pengalaman berbeda kepada para pengunjung. Sebab sukar ditemui dekorasi yang sepenuhnya menggunakan bunga segar.

Dia mengklaim dekorasi menggunakan bunga asli ini merupakan yang pertama di Indonesia untuk sebuah department store. "Setidaknya melihat sesuatu yang belum pernah dilihat yakni instalasi cantik dari bunga asli. Kalau pernikahan saja belum tentu menemukan ini, biasanya mereka setengah menggunakan asli dan separuh lainnya bunga artifisial," tuturnya, Selasa (10/18/2016).

Lisa mengatakan dekorasinya menggunakan bunga-bunga impor dan lokal seperti tulip, hingga anggrek Thailand. Ada ribuan kuntum belum lagi jenis-jenis pohon yang ikut melengkapi dekorasi tersebut. Namun bunga impor dinilainya memiliki warna yang lebih mengangkat di banding bunga lokal.

"Kami pasang [instalasi bunganya] dalam satu malam. Konsepnya dirancang selama sebulan," ujarnya.

Lantaran menggunakan bunga-bunga asli maka perawatannya pun ekstra. Lisa mengatakan dalam satu hari bunga-bunga tersebut harus disemprot sebanyak dua kali dengan air agar tetap segar. Selain penyemprotan suhu ruangan harus tetap terjaga.

"Karena itu pendingin ruangan tidak pernah dinonaktifkan baik pada malam maupun siang hari. Suhunya diturunkan sehingga menjadi lebih dingin," tuturnya.

Di hari ketiga, bunga-bunga itu akan diganti seluruhnya dengan bunga-bunga baru yang lebih segar. Sementara itu bila ada bunga yang layu maka harus segera diganti dengan yang baru. "Jadi kami sudah siapkan bunga-bunga cadangan untuk mengganti yang layu," ujarnya.

Dekorasi bunga ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun department store tersebut, 29 September hingga 3 Oktober lalu. Lisa mengatakan ini tahun kedua perayaan menggunakan tema bunga, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menggelar hal serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro