Cek berat badan dengan menimbang badan rutin/Istimewa
Health

5 Penyakit yang Sebabkan Berat Badan Turun Drastis

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 24 Januari 2017 - 14:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Jika Anda tidak merasa mengikuti diet untuk menurunkan berat badan, tapi tiba-tiba Anda melihat bahwa Anda kehilangan berat badan meskipun memiliki kuantitas dan kualitas makanan yang sama, Anda harus berhati-hati.

Ini bisa menandakan timbulnya penyakit tertentu yang Anda mungkin tidak menyadari. Pasalnya, ada beberapa penyakit tertentu yang dapat menyebabkan penurunan drastis berat badan Anda dalam waktu yang sangat singkat.

Jadi jika Anda merasa berat badan turun secara drastis segera konsultasikan ke dokter untuk memeriksa lebih lanjut. Berikut beberapa penyakit yang membuat berat badan turun drastis

1. Diabetes

Jika Anda mengalami penurunan berat badan mendadak dengan diiringi sering buang air kecil, kelelahan, haus, luka tidak sembuh tepat waktu dan pembengkakan di kaki dan kaki, Anda mungkin menderita diabetes. Segera periksakan ke Dokter untuk tes darah dan mengetahui kadar gula darah.

2. Hipertiroidisme

Jika penurunan berat badan, diikuti dengan kulit kering, kuku rapuh, kelelahan, iritasi dan kecemasan, tidak teratur denyut jantung, muka memerah, palpitasi, serangan panik, mata melotot, dll dapat dipastikan bahwa Anda menderita hipertiroidisme . Dokter akan menyarankan Anda untuk pergi untuk tes darah untuk memeriksa tingkat tiroid Anda.

3. Tuberkulosis

Jika penurunan berat badan mendadak bersama dengan munculnya darah di ludah, kelelahan, demam dan nyeri dada Anda, bisa jadi karena tuberkulosis. Hal ini disebabkan oleh bakteri dan infeksi. Namun, tidak ada yang khawatir karena penyakit ini dapat disembuhkan dengan bantuan antibiotik. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda di awal.

4. Depresi

Penurunan berat badan mendadak juga dapat disebabkan oleh depresi. Jika Anda telah merasa putus asa dan bunuh diri, menemukan kesulitan untuk berkonsentrasi dan memiliki perasaan negatif bersama dengan penurunan berat badan mendadak, bisa jadi karena depresi. Segera periksa diri Anda ke psikiater.

5. Kanker:

Kanker juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan secara tiba-tiba. Tanda dan gejala kanker bervariasi bersama dengan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan tergantung pada jenis kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro