Lukisan karya S. Sudjojono berjudul Gerak Baru/Jakarta.go.id
Show

Sketsa-sketsa Karya Sudjojono Dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta

Dika Irawan
Selasa, 6 Juni 2017 - 18:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Siapa yang tidak mengenal seniman S. Sudjojono? Karya sketsa Bapak Seni Rupa Modern Indonesia ini dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta, pada 7 hingga 13 Juni mendatang. Bertajuk Hidup Mengalun Dendang, pameran tersebut menampilkan pula sejumlah memorabilia Sudjojono semasa hidpunya.

Di pameran tersebut, pengunjung dapat melihat goresan-goresan sketsa yang dikreasikan menggunakan pensil, cat air, bolpen atau tintan cina karya. Dalam pameran ini ada 100 lebih sketsa karya Sudjojono yang dipajang. Sketsa-sketsa tersebut terbagi ke dalam sejumlah tema seperti Sultan Agung, Pangeran Diponegoro, dan sketsa-sketsa binatang.

Kurator Bentara Budaya Ipong Purnama Sidhi mengatakan, pameran ini merupakan apresiasi sekaligus penghormatan bagi sang seniman. Bagi dia, Sudjono adalah seniman multi taletna. Bukan hanya melukis, tetapi Sudjojono juga adalah seorang pemikir.

“Beliau selalu menekankan setiap membuat karya harus menampakkan identitas diri. Nampaknya beliau ini jadi panutan seniman selanjutnya,” ujarnya dalam jumpa pers di BBJ, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Selain pameran, S. Sudjojono Center, yayasan yang menjaga, mengelola, dan melestarikan arsip-arsip sang seniman bekerjasama dengan Kepustakaan Gramedia, Kompas Gramedia, dan Bentara Budaya Jakarta menggelar pula peluncuran buku autobiografi sang seniman dengan judul Cerita Tentang Saya dan Orang-orang Sekitar dan buku biografi Rose Pandanwangi yang berjudul Kisah Mawar Pandanwangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro