Seorang wanita menonton acara televisi./Istimewa
Health

Terlalu Lama Nonton Televisi Bisa Bikin Darah Beku

Nancy Junita
Selasa, 14 November 2017 - 08:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda terbiasa menonton televisi lama maka Anda harus segera menghentikannya. Studi terbaru menemukan bahwa duduk dan menonton televisi lama meningkatkan risiko pengembangan bekuan darah.

Saat menonton TV, seseorang cenderung untuk duduk lama dan terus mengunyah makanan ringan yang selanjutnya memperburuk kondisi. Menurut hasil penelitian, ketika duduk lama maka risiko pembekuan darah terjadi di pembuluh darah kaki, lengan, panggul dan paru-paru, yang dikenal sebagai tromboemboli vena atau VTE.

Risiko ini meningkat sejalan dengan jumlah waktu yang dihabiskan untuk menonton televise, bahkan jika orang mendapatkan jumlah aktivitas fisik yang disarankan.

Para peneliti telah mempertimbangkan dan memeriksa 15.158 peserta paruh baya (45-64 tahun) selama penelitian berlangsung. Selama penelitian, para peneliti menemukan bahwa mereka yang menonton TV sangat sering memiliki risiko 1,7 kali lebih tinggi untuk mengembangkan pembekuan darah dibandingkan dengan mereka yang menonton TV tidak pernah atau jarang.

Terlalu Lama Nonton Televisi Bisa Bikin Darah Beku

Orang-orang, yang memenuhi panduan yang direkomendasikan untuk aktivitas fisik dan sering menonton TV, memiliki risiko 1,8 kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak menonton TV atau jarang.

Hasilnya penelitian ini baru-baru ini dipresentasikan pada Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika di California.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro