CEO Big Hit Entertainment Bang Shin Hyuk./soompi
Musik

Bang Shi Hyuk, Produser Di Balik Layar Kesuksesan BTS

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Jumat, 2 Maret 2018 - 14:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Selama satu dekade terakhir, Korea Selatan berhasil menyebarkan demam K-pop dan K-drama ke seluruh dunia. Dari sekian banyak grup musik dan aktor serta aktris asal Negeri Ginseng yang sudah mendunia, salah satunya yang termasuk paling fenomenal adalah BTS.

BTS alias Bangtan Boys memang sedang menjadi perbincangan di berbagai media. Selain meluncurkan lagu milik sendiri, mereka juga berkolaborasi dengan sejumlah musisi termasuk yang berasal dari luar Korea Selatan (Korsel).

Tahun lalu, BTS menjadi boyband Korsel pertama yang meraih penghargaan Billboard Music Awards pada kategori Top Social Artist Award mengalahkan Justin Bieber. Mereka juga sukses tampil sebagai pengisi acara American Music Awards (AMAs) 2017.

Tetapi, siapakah orang yang menemani dan membimbing BTS sampai sesukses ini? Bang Shi Hyuk lah orangnya.

Bang Shi Hyuk, Produser Di Balik Layar Kesuksesan BTS

Pria kelahiran 9 Agustus 1972 ini besar di keluarga yang mencintai musik. Namun, hal itu tak lantas menjadikan keinginannya untuk berkarir di dunia musik mudah terealisasi karena orang tuanya justru menentang keras keinginan Bang untuk bermusik. 

Karir bermusiknya dimulai saat dia bertemu dengan Park Jin Young, yang lebih dikenal dengan sebutan JYP, pada pertengahan 1990. Mereka berdua menjadi duo penulis lagu yang terkenal pada masa itu.

JYP Entertainment

Saat JPY mendirikan JYP Entertainment (JYPE), yang sekarang menjadi salah satu agensi hiburan ternama Korsel, Bang bergabung sebagai komposer, arranger, dan produser musik.

Kesuksesan duo ini dibuktikan lewat keberhasilan album g.o.d, boyband generasi pertama Korsel. Keduanya bertanggung jawab dalam membuat album g.o.d Chapter 1, di mana JYP memproduseri dan menjadi penulis lirik sedangkan Bang mengatur instrumen dan musiknya.

Kesuksesan g.o.d juga membuatnya dijuluki sebagai 'hitman', yakni seseorang yang memiliki reputasi sebagai penulis lagu yang lagu-lagunya selalu laris dan menjadi hit di pasaran. 

Selain g.o.d, Bang juga memproduseri lagu-lagu untuk para artis dan penyanyi besutan JYPE lainnya seperti Rain, Park Ji Yoon, Rain, dan Wonder Girls.

Bang Shi Hyuk, Produser Di Balik Layar Kesuksesan BTS

Membuka Big Hit Entertainment

Sukses bersama JYP, rupanya tidak membuatnya cepat berpuas diri. Bang pun memutuskan untuk mandiri. 

Pada 2015, dia keluar dari JYP dan mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama Big Hit Entertainment yang kini menjadi rumah bagi BTS.

Meski menjabat sebagai founder sekaligus CEO, Bang tidak hanya fokus pada manajemen kantor tapi juga tetap membuat lagu. Dalam album Wings BTS, yang dirilis pada Oktober 2016, dia ikut menulis enam lagu. 

Album itu membuatnya dianugerahi penghargaan sebagai Produser Terbaik oleh Mnet Asian Music Awards dan Penulis Terbaik di Melon Music Awards 2016. 

Memiliki agensi sendiri bukanlah hal yang mudah. Pendirian BTS pun memakan waktu yang tidak sebentar.

Pada 2010, Bang menemukan Kim Nam Joon, yang dinilainya berbakat membuat lagu dan rap. Kim sekarang lebih dikenal dengan panggilan RM.

Kemampuan rap RM membuat dia terinspirasi untuk membuat sebuah grup musik. Awalnya, konsep awal BTS adalah duo hip hop. 

Namun, konsep itu berubah setelah Big Hit memutuskan untuk mengadakan audisi untuk menambah anggota BTS. 

Rencana debut pada 2010 pun batal karena konsep yang ada terus berubah. Anggota BTS juga terus mengalami perubahan karena ada beberapa anggota yang keluar.

Setelah melalui bongkar pasang selama beberapa waktu, akhirnya Bang meluncurkan BTS pada Juni 2013 dengan merilis lagu serta video musik pertama No More Dream mereka di Youtube. Sekarang, BTS terdiri dari tujuh orang yaitu RM, Suga, J-hope, Jungkook, V, Jin, dan Jimin.

Bang Shi Hyuk, Produser Di Balik Layar Kesuksesan BTS

Berjuang Membesarkan Nama BTS

Setelah BTS debut pun, Bang masih harus berjuang untuk membesarkan nama grup idola didikannya itu. Apalagi, nama Big Hit tidak sebesar JYPE maupun SM Entertainment dan YG Entertainment, yang sudah menjadi tiga agensi raksasa Korsel. 

Artis-artis besutan tiga agensi itu hampir pasti mudah mencapai popularitas di masyarakat dan mendapat tempat tersendiri di media-media setempat. Biasanya, artis-artis dari tiga agensi ini bisa dengan mudah mendapatkan kontrak iklan atau tampil di televisi serta radio untuk mempromosikan karyanya.

Namun, karena berasal agensi kecil, awalnya BTS tidak banyak mendapat sorotan. Namun, Bang tidak kehabisan akal.

Big Hit memanfaatkan kemudahan media sosial, seperti Youtube dan Twitter untuk mempromosikan BTS kepada publik. Dia juga menggunakan aplikasi musik Soundcloud untuk merilis lagu-lagu yang dinyanyikan ulang oleh anggota BTS. Lewat cara ini, BTS diharapkan bisa menarik penggemar. 

Bang Shi Hyuk, Produser Di Balik Layar Kesuksesan BTS

Perjuangan itu berbuah manis karena akhirnya BTS memiliki basis penggemar yang sangat besar, bahkan bisa disandingkan dengan fans EXO dari SM Entertainment dan Big Bang dari YG Entertainment. Basis penggemarnya tidak terbatas di Korsel dan negara-negara Asia lainnya, tapi hingga ke benua Amerika dan Eropa.

Kolaborasi dengan musisi kenamaan AS, Steve Aoki, yang dilakukan belum lama ini membuat nama BTS makin dikenal termasuk oleh orang-orang yang sebelumnya tak tahu K-pop.

Hingga kini, Bang tetap keberatan jika dirinya disebut sebagai 'Ayah BTS', seperti yang sering disampaikan oleh para penggemar maupun media. Alasannya, panggilan itu membuat seakan-akan BTS adalah sebuah produk dan tidak senang terhadap anggapan itu.

Bang dinilai berhasil membesarkan dan melindungi para anggota BTS lewat kerja kerasnya. Dia berhasil membuktikan bahwa kesuksesan dapat diraih oleh siapa saja, termasuk oleh mereka yang sebelumnya tidak memiliki banyak dukungan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro