Ruang tamu/homedecoren.com
Relationship

6 Bagian Rumah yang Tak Perlu Dibersihkan Setiap Hari

JIBI
Kamis, 15 Maret 2018 - 19:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membersihkan rumah memang kegiatan yang melelahkan. Meski begitu, hal ini menjadi penting dan harus dilakukan agar rumah selalu bersih, rapi, dan nyaman.

Agar tidak terlalu melelahkan, bagi pekerjaan bersih-bersih rumah menjadi beberapa kelompok, sesuai dengan waktu atau rutinitas pengerjaannya. Ada yang harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Untuk mempermudah Anda dalam membagi kelompok pekerjaan membersihkan rumah, berikut ada beberapa bagian rumah yang tidak perlu dibersihkan setiap saat.

Dengan kata lain, beberapa bagian ini bisa dibersihkan secara bulanan, enam bulanan, atau mungkin setahun sekali. Berikut adalah beberapa bagian rumah yang dimaksud :

#Tirai jendela
Tirai jendela memang sering dilewati ketika bersih-bersih namun itu tidak jadi masalah. Jika penghuni rumah sering membersihkan lantai setiap hari, debu akan jarang menempel pada tirai. Cukup bersihkan tirai jendela setiap dua bulan sekali atau tiga bulan sekali.

#Kaca jendela dan teralis
Kaca jendela memang mudah kotor. Tapi untuk membersihkan, sebaiknya cukup dilakukan 3-4 bulan sekali. Itu pun jendela paling luar, sedangkan jendela bagian dalam bisa dibersihkan sebulan sekali.

#Toren air
Alat untuk menampung air ini biasanya berada di atap rumah. Toren air ini juga tidak mudah kotor sehingga tidak perlu dibersihkan setiap hari. Yang penting, sumber air yang diambil bersih. Cukup bersihkan tiga bulan sekali atau saat air terlihat keruh dan kotor.

#Talang air
Talang air sebenarnya jarang sekali kotor, terlebih jika Anda memang tinggal di daerah yang jarang hujan. Selain itu, tidak adanya pohon yang rindang juga membuat talang air bersih. Jika ingin memastikan kebersihan talang, bisa lakukan pengecekan setiap bulan untuk melihat talang tak berlumut atau kotoran yang menempel pada dinding-dindingnya.

#Pengering mesin cuci
Pengering mesin cuci memang sering luput dari pandangan. Itu tak mengapa karena fitur ini tidak mesti setiap hari dibersihkan. Cukup bersihkan dua atau tiga bulan sekali. Perhatikan pula apakah ada kotoran atau serat kain yang menumpuk di dalam.

Sebaiknya, penyaring mesin cuci juga ikut dicuci setiap bulan karena terkadang ada sisa sabun yang menempel pada dinding mesin. Bersihkan dengan air yang diputar tanpa pakaian untuk menghilangkan sisa sabun.

#Kanopi
Untuk mencegah kanopi berjamur, Anda bisa membersihkannya setiap enam bulan sekali. Caranya dengan menyiramnya menggunakan selang air. Lalu, keringkan kanopi dengan karet pembersih lantai. Hal ini akan menghindari kanopi dari kusam dan kotor akibat jamur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro