Ciri-ciri Pasangan yang Suka Mengontrol

Hubungan yang dikontrol oleh salah satu pasangan pasti tidak menyenangkan. Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya dikendalikan oleh pasangannya. Hal ini terjadi karena kontrol diartikan sebagai kepedulian, sifat protektif, atau cemburu semata.
Tika Anggreni Purba | 21 November 2018 12:47 WIB
Pasangan suami-istri - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Hubungan yang dikontrol oleh salah satu pasangan pasti tidak menyenangkan. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya dikendalikan oleh pasangannya. Hal ini terjadi karena kontrol diartikan sebagai kepedulian, sifat protektif, atau cemburu semata.

Berikut ciri pasangan yang mengontrol hidup tanpa Anda sadari dilansir lifehack.org:

1. Dia berusaha mengawasi Anda sepanjang waktu

Anda harus bisa membedakan antara keinginan untuk mengawasi dengan rindu ingin bertemu. Jika pasangan memang rindu ia akan berusaha untuk berbicara atau mengobrol dengan Anda via chat atau telepon. Dia juga akan berusaha bertemu dengan Anda sekalipun dia sibuk.

Sebaliknya, si pengontrol akan bertindak seolah dia ingin menghabiskan waktu dalam segala momen bersama Anda. Tetapi, ia menunjukkan rasa takut atau rasa tidak aman seolah takut kehilangan Anda. Dia tidak mengizinkan Anda bergaul dengan orang lain bahkan membatasi Anda untuk bertemu teman maupun kerabat.

Pasangan yang mengontrol biasanya tidak mau menerima alasan apapun yang Anda berikan ketika Anda tidak bisa berbicara atau bertemu dengannya, sehingga hubungan sering diwarnai pertengkaran.

2. Anda mulai berjarak dengan keluarga dan orang lain

Pasangan yang mengontrol tidak memberikan keintiman dan penerimaan dalam hubungan. Karena setiap kali Anda bekerja atau bertemu dengan orang lain, ia merasa curiga dan tidak percaya. Atau ketika Anda tidak memberikan perhatian lebih kepadanya, ia akan marah dan pertengkaran selalu terjadi karena hal ini.

3. Pasangan selalu mengkritik Anda

Ketika Anda merasa dikritik terlalu banyak oleh pasangan, sangat mungkin bahwa dirinya ingin mengontrol Anda. Dia tidak menunjukkan hal ini di awal-awal hubungan, namun seiring waktu dia mulai beraksi untuk mengkritik Anda dalam hal apa saja.

4. Anda butuh izinnya untuk melakukan sesuatu

Pasangan yang mengontrol biasanya membuat Anda merasa perlu izin untuk melakukan apapun. Hal ini membuat diri Anda yang tadinya mandiri mulai tergantung pada keputusan pasangan.
 

Tag : Tips Karir, tips cinta
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top