6 Cara Menghadapi Orang yang Tak Punya Empati

angan heran kalau dalam hidup ini Anda menemukan orang-orang yang sangat kurang rasa empati. Mereka biasanya membuat kita merasa frustasi, marah, kecewa, bahkan merasa dikhianati.
Tika Anggreni Purba | 21 November 2018 12:35 WIB
Ilustrasi - mumsinthewood.com

Bisnis.com, JAKARTA—Jangan heran kalau dalam hidup ini Anda menemukan orang-orang yang sangat kurang rasa empati. Mereka biasanya membuat kita merasa frustasi, marah, kecewa, bahkan merasa dikhianati.

Menghadapi orang yang tidak memiliki empati terkadang semakin menyedihkan apabila orang tersebut adalah yang dekat dengan kita.

Ciri-cirinya cukup jelas antara lain mereka sangat cepat mengkritik orang lain tanpa memikirkan perasaan orang lain, sangat dingin, hanya percaya pada pandangannya sendiri, tidak bisa senang untuk orang lain, sulit memahami kesedihan orang lain, sulit dekat dengan orang lain, bahkan cenderung mengabaikan orang lain.

Penyebab seseorang mengalami hal ini sangat beragam. Ada yang kurang berempati karena dibesarkan oleh keluarga yang tidak memuaskan perasaan dan emosinya. Ada pula orang-orang yang tidak memiliki hubungan harmonis dengan orang lain sejak kecil, sehingga ia tidak mampu merasakan kasih, belas kasihan, dan kepedulian pada orang lain.

Bagaimana menghadapi orang seperti ini? Laman lifehack.org memberikan tips:

1.      Jangan ambil hati penilaian dan amarah mereka. Jaga perasaan Anda sendiri dengan tidak mengambil hati apa yang dikatakannya. Ini bukanlah kesalahan Anda. Ingatkan diri Anda bahwa yang memiliki problem empati adalah orang tersebut, bukan diri Anda. Jadi, tidak ada yang salah dengan diri Anda.
 
2.      Jangan berusaha membuat mereka mengerti perasaan Anda. Mencoba membuat mereka mengerti dan memahami Anda hanya akan membuang waktu dan energi, mereka hanya akan menjadi lebih marah dan menghakimi Anda.

3.      Bicarakan hanya soal fakta saja dengan mereka. Dari pada membicarakan perasaan Anda atau perilakunya yang membuat Anda sedih, bicarakan saya soal fakta dan pemikiran Anda padanya. Cara ini akan lebih mudah agar Anda tidak merasa disalahkan olehnya.
 
4.      Jika tidak tinggal bersama orang ini, usahakan untuk menjaga jarak dengannya. Anda tidak harus mengakhiri hubungan pertemanan atau persaudaraan, tetapi yang pasti miliki batasan untuk berinteraksi dengannya.
 
5.      Jalin hubungan hanya dengan orang yang bisa Anda percaya dan mempercayai Anda. Habiskan waktu dengan orang yang bisa dipercaya untuk membuat Anda merasa aman dan nyaman untuk membagikan cerita dan perasaan Anda.
 
6.      Sadarilah bahwa nilai dan harga diri Anda tidak tergantung pada pendapat mereka. Jangan pernah hidup dalam perkataan orang lain. Jadilah diri Anda sendiri dan miliki pendirian sendiri.
 

Tag : inspirasi, Tips Karir
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top