Entertainment

SURYA SAPUTRA Buka Bisnis Kuliner Online

Bambang Supriyanto
Selasa, 12 Maret 2013 - 14:43
Bagikan

BISNIS.COM,JAKARTA -- Aktor Surya Saputra memiliki hobi makan. Dari hobinya itulah dia ingin mengembangkan menjadi sebuah peluang bisnis. Akhirnya dia memutuskan membuka bisnis kuliner bersama istrinya, Cynthia Lamusu.

Usahanya tersebut dinamai Dapur Mamathia. Ide membuka usaha kulinernya ini bermula dari sering berbagi dengan istrinya mengenai makanan yang dibuatnya. Sehingga muncullah rencana usaha kuliner melalui akun twitter @dapurmamathia.

"Bisnis kuliner itu memiliki prospek yang sangat baik karena setiap hari orang butuh makan. Apalagi kalau kuliner tradisional Indonesia," ujarnya kepada Bisnis.

Surya bersama sang isteri berbisnis kuliner tradisional Indonesia. Dia menilai saat ini banyak orang yang ingin kembali menikmati masakan-masakan tradisional Tanah Air.

Masyarakat menginginkan keotentikan rasa dari daerah asal ataupun ingin mengetahui dan mencoba masakan-masakan tradisional dari daerah lain. Hal itu menjadi sebuah kesempatan yang bagus buat seseorang yang ingin memulai bisnis kuliner atau orang yang memiliki idealisme untuk melestarikan kuliner nusantara.

"Bisnis kuliner tradisional Indonesia kenapa tidak? Jangan melulu masakan asing," katanya.

Di Dapur Mamathia miliknya itu, menu-menu yang ditawarkan benar-benar tradisional. Misalnya saja nasi nucing, nasi kepel, sup jagung, bakwan goreng, ikan roa, bakwan malang dan nasi uduk betawi.

Makanan yang diolah merupakan makanan khas Sulawesi dan Betawi. Hal itu didasarkan dari asal Cynthia yang dari Sulawesi dan Surya yang berasal dari Betawi.

Menu-menu tersebut diolah oleh Cynthia, sedangkan Surya mendapatkan tugas untuk mencicipinya. Usaha yang dirintis sejak awal 2011 ini baru melayani seputar Jakarta saja.

Dia memilih bisnis online karena memang tidak membutuhkan modal yang cukup besar tetapi pasarnya sangat menarik. Jika membeli atau menyewa tempat akan membutuhkan modal yang tidak sedikit.

"Ternyata sambutan masyarakat besar banget, banyak yang nanya kapan dibikin restorannya, Kami membuat restoran juga nggak asal jadi, tapi pelan-pelan," katanya.

Dia memberikan tip bagi orang yang ingin memulai bisnis. Baginya, bisnis kuliner akan selalu menjanjikan meskipun dengan modal terbatas masih bisa dilakukan. Makanan-makanan di pinggir jalan saja omsetnya besar, apalagi bisnis kuliner yang memiliki konsep bagus.

Bagi pebisnis pemula, lanjutnya, jangan terlalu banyak berpikir untuk memulai bisnis harus dengan modal yang besar dan takut rugi. Memang hal itu menjadi penghambat dalam memulai usaha.

Namun, untuk memulai bisnis harus sesuai dengan kemampuan masing-masing. Yang pasti, untuk memulai bisnis harus memiliki keberanian yang lebih dibandingkan orang lain.

"Jadiin saja dulu, nekad saja dulu, kalo sudah bisa belajar dari kesalahan. Orang-orang yang besar pasti mereka mengawali dengan gagal dulu, kebanyakan orang sukses itu pernah jatuh, mereka belajar untuk bangun lagi dan belajar dari kesalahan. Jangan takut jatuh, karena itu awal keberhasilan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Others
Sumber : Sukirno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro