Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Japan Culinary Week 2013: Nikujaga Mirip Semur Daging, Lainnya?

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa masakan khas Jepang rupanya mirip dengan masakan Indonesia.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 24 Agustus 2013  |  15:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa masakan khas Jepang rupanya mirip dengan masakan Indonesia.

Sebut saja nikujaga yang serupa semur daging. Nikujaga salah satu makanan terkenal di Jepang. Isinya, irisan daging, kentang, dan wortel bawang yang direbus kemudian dibumbui kecap dan gula.

Makanan lain yakni yakitori, serupa sate ayam. Yakitori berarti ayam panggang. Mirip dengan sate, yakitori dibumbui garam, sausnya dibuat dari kecap, miso, gula, dan cooking rice wine.

Yakitori menggunakan hati dan bagian lain dari ayam, babi, atau sapi. Yakitori biasa dilahap sebagai makanan ringan di ketika makan malam di Jepang.

Yakisoba serupa mi goreng. Namun, bumbunya berbeda. Umumnya, yakisoba menggunakan kecap atau saus worcester atau garam.  Tak hanya makanan, es di Jepang pun mirip dengan es di Indonesia.

Kakigori yang berarti goresan es merupakan es yang punya banyak rasa. Dia terbuat dari es serut kemudian diberi sirup. Rasanya pelbagai rupa, seperti stroberi, melon, dan teh hijau.

Selain itu, ada chanko-nabe seafood, berisi udang, kerang, kaki kepiting, wortel, dan jamur shitake. Varian lain chanko daging, berisi irisan daging ayam, bakso daging, dan sayuran.

Chanko nabe merupakan makanan yang dikenal untuk pegulat sumo di Jepang. Makanan ini direbus dalam panci Jepang dalam keseimbangan yang baik antara daging dan sayuran dibumbui garam, miso, dan kaldu ayam. 
Banyak daerah di Jepang menghasilkan pangan tertentu. Seperti Kyushu dan Okinawa terkenal dalam menghasilkan stroberi, ikan hamachi (ikan ekor kuning), dan jamur shitake. Kanto memproduksi miso, daging sapi, timun, dan kacang tanah.

Tohoku terkenal akan ikan saba, kerang awabi, dan teripang. Hokkaido menghasilkan kerang hotate, labu, dan konbu. Sedangkan Kinki menghasilkan teh : hijau, kesemek, dan gloriosa.

Menurut survei konsumsi makanan Jepang di Indonesia JETRO, Maret 2013, Indonesia dan Jepang memiliki hubungan dalam bidang makanan.

Di antara produk makanan impor dari Jepang, produk laut memiliki persentase paling besar. Produk laut dari Jepang ke Indonesia mempunyai persentase terbesar kedua. Setelah produk laut, produk makanan dari Jepang terbesar berikutnya yakni kue-kue dan makanan ringan. Selain itu, produk-produk seperti daging, buah-buahan, sayur, teh hijau masuk dari Jepang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner jepang masakan jepang makanan jepang
Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top