Referensi

Kaltim Pasifik Amoniak Luncurkan Buku Warisan Budaya Dayak

Stefanus Arief Setiaji
Sabtu, 7 September 2013 - 14:43
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - PT Kaltim Pasifik Amoniak (KPA), salah satu perusahaan produsen amoniak terbesar di dunia yang berbasis di Bontang Kalimantan Timur, meluncurkan sebuah buku berjudul Warisan Teknologi Kampung Masyarakat Dayak Kalimantan Timur.
 
Buku tersebut digagas oleh Darius Pasaribu, Bambang Adya Yatmaka, dan Karlina Supelli.
 
“Kami sangat senang karena buku ini bisa diluncurkan dan dapat dinikmati masyarakat umum dengan gratis. Buku ini adalah bentuk sumbangsih sederhana kami kepada negeri,” ujar Yasushi Hori, Presiden Direktur PT. Kaltim Pasifik Amoniak dalam keterangan resmi, Sabtu (7/9/2013).
 
Buku tersebut, lanjutnya menceritakan teknologi kampung masyarakat Dayak di Kaltim sebagai upaya memberi wawasan luas kepada seluruh generasi, terutama generasi pewaris.
 
Buku yang digagas sejak 2010 itu dilandasi pemikiran atas minimnya langkah inventarisasi kekayaan Teknologi Kampung (teknologi tradisional), terutama di tengah masyarakat Dayak Kaltim. 
 
"Buku ini bisa menjadi pintu masuk pengembangan produk yang berguna saat ini dan di masa depan. Misalnya, dari teknologi tekstil yang ada di Kaltim dapat dikembangkan ke industri fashion yang lebih modern,” katanya.
 
Buku ini disusun oleh tim yang dibentuk KPA,mdilakukan dengan menyusuri Kalimantan Timur untuk menginventarisasi berbagai macam teknologi kampung yang ada di sana. 
 
Mulai dari tekstil, papan, pangan, pertanian, dan pengobatan. “Selama lima bulan, tim kami berekspedisi untuk menyusun buku ini. Semoga hasil kerja keras kami dapat diterima dengan baik dan memberikan inspirasi pihak lain untuk melakukan inventarisasi serupa di kawasan lain di Indonesia,” kata Darius salah satu penggagas buku ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro