Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kaltim Pasifik Amoniak Luncurkan Buku Warisan Budaya Dayak

Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 07 September 2013  |  14:43 WIB
Bisnis.com, JAKARTA - PT Kaltim Pasifik Amoniak (KPA), salah satu perusahaan produsen amoniak terbesar di dunia yang berbasis di Bontang Kalimantan Timur, meluncurkan sebuah buku berjudul Warisan Teknologi Kampung Masyarakat Dayak Kalimantan Timur.
 
Buku tersebut digagas oleh Darius Pasaribu, Bambang Adya Yatmaka, dan Karlina Supelli.
 
“Kami sangat senang karena buku ini bisa diluncurkan dan dapat dinikmati masyarakat umum dengan gratis. Buku ini adalah bentuk sumbangsih sederhana kami kepada negeri,” ujar Yasushi Hori, Presiden Direktur PT. Kaltim Pasifik Amoniak dalam keterangan resmi, Sabtu (7/9/2013).
 
Buku tersebut, lanjutnya menceritakan teknologi kampung masyarakat Dayak di Kaltim sebagai upaya memberi wawasan luas kepada seluruh generasi, terutama generasi pewaris.
 
Buku yang digagas sejak 2010 itu dilandasi pemikiran atas minimnya langkah inventarisasi kekayaan Teknologi Kampung (teknologi tradisional), terutama di tengah masyarakat Dayak Kaltim. 
 
"Buku ini bisa menjadi pintu masuk pengembangan produk yang berguna saat ini dan di masa depan. Misalnya, dari teknologi tekstil yang ada di Kaltim dapat dikembangkan ke industri fashion yang lebih modern,” katanya.
 
Buku ini disusun oleh tim yang dibentuk KPA,mdilakukan dengan menyusuri Kalimantan Timur untuk menginventarisasi berbagai macam teknologi kampung yang ada di sana. 
 
Mulai dari tekstil, papan, pangan, pertanian, dan pengobatan. “Selama lima bulan, tim kami berekspedisi untuk menyusun buku ini. Semoga hasil kerja keras kami dapat diterima dengan baik dan memberikan inspirasi pihak lain untuk melakukan inventarisasi serupa di kawasan lain di Indonesia,” kata Darius salah satu penggagas buku ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku kpa kalimantan timur dayak amoniak kaltim pasifik amoniak
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top