Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Ibu dan Janin Tetap Sehat? Ini Tips Bagi Wanita Hamil

gizi bagi wanita hamil antara lain untuk menjaga kesehatan ibu hamil, menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin, persiapan persalinan dan pemulihan pasca melahirkan.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 13 November 2013  |  11:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Wanita hamil diimbau untuk mengonsumsi asupan makanan sehat dengan kandungan gizi yang berkualitas sebagai proses pertumbuhan janin yang sehat.

Sugeng Eko Irianto, NPO Nutrition Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia mengatakanagar ibu dan janin yang dikandung tetap sehat, wanita hamil tidak ada salah mengikuti beberapa langkah berikut, di antaranya minum tablet tambah darah 1 kapsul setiap hari selama 90 hari sesuai dengan anjuran dokter, olah raga yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil, serta beristirahat yang cukup.

“Pada dasarnya, makanan yang dikonsumsi ibu hamil sekaligus diperuntukkan bagi janin yang dikandungnya. Untuk itu asupan makanan jumlahnya harus lebih banyak dari sebelum hamil,” paparnya kepada Bisnis, Rabu (13/11/2013).

Menurutnya, wanita hamil juga harus memperhatikan kualitas atau nilai gizi yang terkandung dalam makanan, terutama pada trimester I kehamilan yang harus lebih baik. Hal tersebut, lanjutnya berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya dan tumbuh kembang setelah lahir nanti.

Dia menjelaskan kegunaan gizi bagi wanita hamil antara lain untuk menjaga kesehatan ibu hamil, menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin, serta untuk persiapan persalinan dan pemulihan pascamelahirkan.

Dari zat gizi yang dibutuhkan ibu hamil, lanjutnya, antara lain diperlukan energi sebanyak 2.430 kalori, karbohidrat 320 gram dengan kira-kira 45 – 65 % dari total kebutuhan energi per hari.

“Asupan karbohidrat ini dikonsumsi selama hamil trimester I ditambah 25 gram, trimester II dan III ditambah 40 gram, bisa bersumber dari nasi, jagung, kentang, umbi-umbian, dan roti,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bayi ibu hamil tips jaga sehat kesehatan masyarakat
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top