ilustrasi/jibiphoto
Fashion

Mengenal Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Deliana Pradhita Sari
Sabtu, 15 Maret 2014 - 21:17
Bagikan

Jangan Sepelekan Konsumsi Air Putih

Nefrolog dari Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta Bambang Djarwoto mengatakan air berperan untuk mengatur suhu tubuh saat aktivitas sehari-hari baik belajar dan bekerja maupun saat latihan fisik atau olahraga.

Air membawa makanan dan oksigen ke sel-sel tubuh dan mengeluarkan bahan-bahan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Sementara itu, air bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh dan menggantikan cairan elektrolit yang hilang.

"Jangan pernah sepelekan konsumsi air putih. Banyak yang menganggap minum air putih itu adalah hal sepele dan dapat ditahan, padahal minum air putih rutin dapat menjaga kesehatan ginjal serta mengurangi timbulnya batu saluran kemih," ungkapnya pada acara peluncuran buku tentang petunjuk praktis pemenuhan kebutuhan cairan dalam latihan fisik di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, belum lama ini.

Dia melanjutkan jumlah asupan air pada wanita dewasa 2000 ml/hari sedangkan untuk pria dewasa adalah 2500 mL/hari. Ibu yang sedang hamil membutuhkan cairan 2300 ml/hari sedangkan ibu menyusui membutuhkan cairan lebih banyak yaitu 2700 ml/ hari.

 

Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro