Travel

Habiskan Rp1,2 Triliun, Persiapan Sail Raja Ampat Sudah 70%

Rahmayulis Saleh
Selasa, 8 April 2014 - 21:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Penyelenggaraan pesta Sail Raja Ampat di Pantai Waisei Torang Cinta (WTC), Papua Barat, yang akan dihelat pada 21 Juni 2014, persiapannya sudah memasuki 70%.  

Hingga saat ini dana yang telah dipakai untuk persiapan Sail Raja Ampat mencapai Rp1,2 triliun. Dana tersebut sebanyak Rp103 miliar dari Pemprov Papua Barat, dan selebihnya dari pemerintah pusat.

“Untuk acara puncaknya pada Juni nanti, dana yang dianggarkan sebesar Rp95 miliar. Dana ini lebih besar dari pesta Sail Komodo pada 2013 yang mencapai Rp80 miliar, karena Sail Raja Ampat tempatnya lebih jauh sehingga menghabiskan bensin dan biaya lainnya lebih banyak,” kata Haswan Yunaz, Kepala Deputi Bidang Koordinasi  Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kemenko Kesra, dalam acara Deputy Meet The Press di di Jakarta, Selasa (8/4/2014).

Dia menuturkan sail merupakan salah satu upaya percepatan pembangunan di berbagai bidang secara sinergis di wilayah pesisir dan kepulauan, yang dikemas dalam kegiatan kepariwisataan.

Haswan mengatakan pesta Sail Raja Ampat ini, nantinya akan dihadiri sekitar 2.000 peserta dari dalam negeri dan luar negeri.

Untuk itu berbagai fasilitas dipersiapkan, di antaranya fasilitas penginapan sudah disiapkan sebanyak 500 kamar home stay, dengan menata rumah masyarakat sekitar dengan anggaran Rp25 juta setiap rumah.

Selain itu ada 100 unit kamar cottage, dan kamar terapung dari Kapal Pelni dengan kapasitas 300 orang. “Selain itu juga ada kamar di tenda VIP bagi tamu khusus, dan penginapan di Sorong,” tambah Haswan.

Untuk acara puncak 21 Juni nanti, katanya, akan dihadiri oleh Presiden SBY.

Haswan menjelaskan Sail Raja Ampat terdiri atas 18 bidang kegiatan, termasuk upacara HUT RI di Pulau Terluar, bhakti sosial dan pelayanan kesehatan, Pelayaran Lingkar Nusantara, Gerbang Kampung, ekspedisi riset, olahraga bahari, dan Festival Danau Sentani 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro