Ilustrasi makanan yang bisa dikonsumsi pelaku diet flexitarian/Freepik
Health

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Turunkan Berat Badan

Redaksi
Kamis, 2 Mei 2024 - 11:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang pasti ingin memiliki berat badan ideal. Namun banyak yang mengalami kesulitan karena tidak mengetahui cara yang tepat.

Orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung lebih cepat mengalami komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan hati.

Dilansir dari hindustantimes.com dan english.jagran.com, Kamis (2/5/2024) perubahan gaya hidup saat pagi hari bisa menjadi alternatif yang digunakan untuk menurunkan berat badan.

Ini kebiasaan pagi yang bisa turunkan berat badan:

1. Minum air 

Anda wajib terhidrasi ketika bangun tidur, agar kinerja metabolisme tubuh dalam membakar lemak bisa maksimal. Maka mulai sekarang, minumlah satu atau dua gelas air putih setiap pagi hari.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil lebih maksimal untuk mendetoks tubuh saat pagi hari, maka bisa mengonsumsi segelas air yang dicampurkan perasan lemon. Minuman ini, bisa memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan proses pembakaran lemak lebih cepat dan efektif.

2. Sarapan kaya protein

Jika Anda ingin memiliki berat badan ideal, mulai sekarang konsumsi sarapan yang mengandung protein tinggi. Menjalani sarapan protein, bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan membuat rasa kenyang lebih tahan lama.

Berikut makanan kaya protein yang bisa dikonsumsi

1. Dada ayam

2. Ikan

3. Telur

4. Yogurt

5. Daging sapi tanpa lemak

6. Cumi-cumi

3. Sarapan kaya serat

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka mulai sekarang konsumsi sarapan yang mengandung serat. Menjalani sarapan sehat ini, bisa meningkatkan sistem pencernaan, membuat rasa kenyang tahan lama, dan membakar lemak tubuh.

Berikut makanan kaya serat yang bisa dikonsumsi

1. Pisang

2. Alpukat

3. Apel

4. Wortel

5. Kacang Almond

6. Oat

6. Roti gandum

7. Rasberi

4. Mengunyah makanan lebih lama

Orang yang memiliki berat badan berlebih, seringkali mempunyai kebiasaan mengunyah makanan dengan cepat. Maka mulai sekarang, Anda wajib mengunyah makananan lembut sebanyak 5 - 10 kali dan makanan bertekstur berat 30 kali.

Jika Anda sudah melakukannya secara benar, maka dampak positif yang didapatkan seperti turunnya berat badan, meringankan kinerja ginjal, dan mempermudah penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro