Anjing Alaskan Malamute/Wikipedia.org
Relationship

Merawat Anjing Alaskan Malamute? Ini Tipsnya

Inda Marlina
Rabu, 4 Juni 2014 - 14:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memelihara binatang memang susah-susah gampang. Butuh ketelatenan untuk memelihara binatang seperti anjing atau kucing, terutama yang memiliki ras tertentu.

Salah satu penggemar Anjing, Dimas Lemena berbagi pengalamannya memelihara anjing Alaskan Malamute, ras anjing yang biasanya hidup di daerah dingin atau bersalju. Anjing jenis Alaskan Malamute mirip dengan anjing berjenis Siberian Husky, tetapi memiliki postur yang lebih besar.

Dimas mengatakan memelihara anjingnya, Teebar,  di daerah tropis dan panas seperti Jakarta tidak terlalu susah. Syarat utamanya adalah memiliki pendingin ruangan yang harus menyala di suhu 20 derajad celcius.

“Yang penting dari memelihara Alaskan Malamute itu suhu ruangan yang dingin dan mereka bisa tidur,” katanya beberapa pekan lalu.

Selain itu, perawatan yang rutin dilakukan adalah mengajak anjing salju itu jalan-jalan tiga kali sehari yaitu setiap pagi, siang, dan malam hari. Jalan-jalan di siang hari berfungsi untuk memberikan sinar matahari pada anjing berbulu lebat ini agar mendapat vitamin D dan tidak mudah terkena kutu.

Soal makan, Teebar ternyata hanya diberi dog food dan dilarang ngemil. Selain itu, air minum juga perlu diperhatikan.

“Si Teebar ini enggak mau selain air minum kemasan merek tertentu, kalau minum air kemasan merek lain, langsung dia buang,” kata sang pemilik.

Dimas mengakui perawatan anjing Alaskan Malamute sebanyak lebih dari Rp2 juta perbulan. Biaya itu sudah termasuk pakan, perawatan seperti mandi, air minum, dan kunjungan dokter hewan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inda Marlina
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro