Ilustrasi/Bisnis.com
Fashion

8 Cemilan yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Agnes Savithri
Jumat, 6 Juni 2014 - 20:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda para pekerja, tentunya pernah merasa lapar ketika sedang bekerja padahal jam istirahat makan masih lama.

Alternatifnya Anda bisa makan camilan atau makanan kecil. Berikut 8 jenis makanan kecil  yang baik dimakan dan dapat meningkatkan daya kerja otak.

Berikut ini 8 jenis makanan tersebut seperti dikutip dari womenshealthmag, Jumat (6/6/2014).

1. Biskuit Gandum

Biskuit gandum ini mengandung banyak karbohidrat dan glukosa yang mudah terurai saat masuk ke dalam tubuh. Glukosa sangat dibutuhkan untuk otak agar bisa berfungsi dengan baik.  Biskuit ditambah dengan keju pun menjadi kombinasi cemilan yang bagus. Keju yang mengandung protein, sedangkan protein lama dicerna sehingga Anda akan merasakan efek kenyang yang lebih banyak.

2. Berry Parfait

Maksud dari parfait adalah campuran dari buah berry dan yogurt rendah lemak. Buah beri yang digunakan bisa strawberry, blueberry dan buah beri lainnya.  Beberapa penelitian menyebutkan bahwa antioksidan dalam blueberry dapat meningkatkan atau menunda hilangnya memori jangka pendek. Sedangkan strawberry mengandung vitamin C yang diperlukan oleh otak. Yogurt mengandung kalsium untuk membantu pencernaan.

3. Sushi Roll

Sushi pun bisa dijadikan camilan, namun tentu jangan terlalu banyak. Sushi yang berisi tuna sehat karena mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan kekuatan otak. Sushi yang terbuat dari beras merah pun baik karena mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan glukosa untuk tubuh.

4. Kacang Almond dan Walnut

Dua kacang ini mengandung vitamin E yang dapat membantu mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Namun Anda harus memperhatikan asupannya, karena kacang juga padat kalori.

5. Fruit Bar rasa Cokelat

Cokelat mengandung seng yang dapat membantu fungsi otak semakin baik. Fruit Bar memiliki kandungan protein dan serat sehingga bisa mengurangi rasa lapar Anda.

6. Brokoli

Brokoli rebus menjadi cemilan sehat. Sayuran hijau ini mengandung vitamin K, yang dapat meningkatkan kemampuan otak anda dan dapat meningkatkan fungsi kognitif.

7. Telur Rebus dan Pisang

Jika dilihat, memang aneh memakan telur rebus bersama pisang. Namun kedua makanan ini memiliki kombinasi gizi yang baik untuk otak. Kuning telur rebus mengandung banyak kolin yang dapat membantu meningkatkan memori. Sedangkan pisang mengandung banyak kalium yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak.

8. Setengah Buah Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kekuatan otak Anda. Tidak hanya itu, rasa nya yang enak pun membuat cemilan ini layak dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : http://www.womenshealthmag.com/
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro