Program tersebut diprioritaskan mengingat tingginya angka kanker leher rahim pada perempuan Indonesia dan biaya tes yang tidak terlalu mahal. /Bisnis.com
Fashion

YAYASAN KANKER Indonesia Berikan Tes Pap Smear dan IVA Gratis

Ana Noviani
Kamis, 17 Juli 2014 - 17:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Yayasan Kanker Indonesia menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan tes Pap Smear dan IVA secara gratis.

Ketua Umum YKI Nila F. Moeloek mengatakan kasus penyakit kanker yang paling banyak ditemui adalah kanker payudara dan kanker leher rahim (serviks). Oleh sebab itu, edukasi dan pencegahan kanker jenis ini harus terus disosialisasikan.

"Penyakit kanker itu sering kali tidak menunjukkan gejala, padahal pengobatan itu sebaiknya dilakukan pada stadium dini. Makanya banyak yang ketahuan mengidap kanker pada stadium lanjut," ujarnya, Jumat (17/7/2014).

Selain memberikan bantuan pengobatan, YKI juga mengupayakan program preventif dengan menggalakkan tes kanker serviks secara gratis. Tes Pap Smear dan inspeksi visual asam asetat (IVA) merupakan cara praktis deteksi dini kanker serviks.

"Kami sudah kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan tes IVA gratis untuk 5 juta orang dan papsmear gratis untuk 1,6 juta orang," katanya.

Program tersebut diprioritaskan mengingat tingginya angka kanker leher rahim pada perempuan Indonesia dan biaya tes yang tidak terlalu mahal. Nila menambahkan program ini telah bergulir sejak Juni 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro