/Thinkloud65.wordpress.com
Fashion

Pentingnya Peran Keluarga Bagi Diabetesi

Atiqa Hanum
Sabtu, 29 November 2014 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Klinik Dokter Keluarga (KDK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Kayu Putih menghimbau keluarga pasien untuk disiplin mengelola pola makan diabetesi.

Himbauan itu disampaikan melalui acara Diabetes  Family Gathering ke-4 yang dibuka oleh Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muctarudin. Kali ini tema yang diusung yakni 'Hidup Sehat Bersama Diabetesi' yang dilaksanakan Sabtu (29/11) di KDK Kayu Putih, Jakarta Timur.

Kepala KDK FKUI Ahmad Fuady mengatakan kegiatan ini untuk membuat pasien agar tetap terjalin hubungannya dan menjaga kesehatan dengan pola makan yang terjaga. Selain itu, pasien KDK tentu harus membawa setidaknya dua anggota keluarga untuk dilakukan screening yang dirasa memiliki diabetes bawaan.

“Penderita diabetes itu harus diperhatikan dengan sangat baik, tentu anggota keluarga berperan penting. Mereka harus tahu juga bagaimana cara penanganan dan pantangan oleh penderita diabetes,” katanya.

Klinik yang telah diberdiri sejak 1972 silam, ceritanya, sudah menjadi klinik percontohan dari 2009. Walau masih sistem berbayar namun dari segi kelengkapan, peralatan dan pelayanan patut diacungi jempol dan bisa diikuti bagi klinik lainnya.

“Pasien itu sangat diperhatikan, dari 200 pasien semua aktif menjaga waktu checkup setiap bulannya. Jika, pada waktunya mereka tidak datang akan ditelepon atau datang ke rumahnya. Hal ini dikarenakan pasien diabetes berkesinambungan dan harus terus dijaga dan diingatkan,” tambahnya.

Selain itu, Ketua Pelaksana DFG Delia Krisnawaty yang juga seorang dokter memaparkan di klinik tersebut mengatakan peserta yang hadir sekitar 150 orang dari yang tidak hanya terdaftar sebagai pasien KDK melainkan persatuan diabetes lainnya di sekitar klinik.

Acara yang digelar terdiri dari jalan sehat yang dimulai dari pukul 06.30 WIB. Lalu, diikuti dengan pemaparan dari dokter spesilis gizi tentang cara menjaga pola makan diabetesi serta pemeriksaan gula darah, kolesterol hingga lemak tubuh dan kekuatan otot tubuh. Adapula kegiatan senam yang diusung oleh KDK yakni Senam Jantung Sehat Pondalisa dan Klub Senam Diabetes Wanaseta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro