Buah pisang/pngimg.com
Health

11 Alasan Makan Pisang Lebih Bermanfaat Dibanding Apel

Nancy Junita
Senin, 22 Desember 2014 - 07:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Anda tak menyukai buah pisang? Ada baiknya Anda tak menolak memakan buah ini, karena ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan.

Pisang memiliki adalah sumber alami sukrosa, fruktosa, glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Dalam sekejap, buah pisang memberi pasokan energi untuk Anda setelah dimakan. Penelitian telah membuktikan bahwa makan 2 buah pisang, cukup memberi Anda energi selama 90 menit. Tak heran mengapa pisang menjadi buah yang sering dimakan para atlet terkemuka di dunia.

Tetapi, bukan sebagai sumber energi yang menjadi alasan satu-satunya untuk memakan pisang, karena buah ini juga membikin tubuh fit, dan mencegah berbagai penyakit. Berikut 11 manfaat buah pisang yang dianggap lebih unggul dibanding apel:

1.Depresi
Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh MIND di antara orang-orang yang menderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang, karena  pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Serotonin memuat Anda rileks, meningkatkan mood, seacra umum membantu membuat Anda merasa lebih bahagia.

2.PMS
Lupakan pil untuk mengatasu neyeri dan gangguan mood menjelang menstruasi (PMS). Makanlah pisang, karena kandungan Vitamin B6 pada pisang  mengontrol tingkat glukosa darah-yang dapat memengaruhi suasana hati Anda.

3.Anemia
Pisang mengandung zat besi yang tinggi, yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

4. Tekanan Darah
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium namun rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk mengendalikan tekanan darah. Atas manfaat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah mengizinkan perkebunan pisang mengklaim kemampuan buah ini untuk menurunkan risiko atau tekanan darah dan stroke.

5.Kemampuan Otak
Sebanyak 200 siswa di sekolah Twickenham (Inggris) terbantu dalam ujian mereka, karena memakan pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang dalam upaya untuk meningkatkan kekuatan otak mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu meningkatkan daya belajar siswa dengan meningkatkan konsentrasi.

6. Sembelit
Kandungan serat yang tinggi, membuat pisang-termasuk dalam diet yang dapat membantu menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu menanggulangi masalah buang air besar tanpa menggunakan pencahar.

7.Mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk adalah milkshake pisang, yang diberi madu. Buah pisang meredakan perut dan dengan bantuan madu dapat meredakan kadar gula, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh Anda.

8.Perasaan Terbakar
Pisang memiliki efek antasid pada tubuh, jadi jika Anda mengantuk dari mulas, cobalah makan pisang untuk mengurangi sakitnya.

9.Morning Sickness
Makan pisang di antara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari morning sickness.

10. Gigitan Nyamuk
Sebelum memakai krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok kulit dengan bagian dalam kulit pisang pada bekas gigitan nyamuk. Cara ini telah berhasil mengurangi pembengkakan dan iritasi.

11.Mengendalikan Suhu
Pada beberapa budaya pisang dianggap sebagai buah 'dingin', yang dapat menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu hamil. Di Thailand, misalnya, ibu hamil akan makan pisang untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

Jadi, buah pisang merupakan obat alami untuk berbagai macam penyakit. Jika anda membandingkannya dengan apel, pisang memberi empat kali protein, dua kali karbohidrat, tiga kali fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali vitamin dan mineral lainnya.

Buah pisang  kaya kalium dan merupakan salah satu dari makanan terbaik di sekitar  kita, jadi mungkin waktunya untuk menyebut “Sebuah pisang sehari membuat dokter pergi! " (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Inilah Foto-foto Cowok Mirip Kim Kardashian

Cowok Ini Habiskan 150 Ribu Dolar AS untuk Operasi Demi Mirip Kim Kardashian

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Worldobserveronline.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro