TIPS KARIR: Cara Bangkit Kembali Setelah PHK

PHK tentunya bisa membawa kesedihan, namun jangan berlarut-larut karena Anda harus segera memperbaiki citra karir Anda.
Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 02 Januari 2015  |  09:24 WIB
TIPS KARIR: Cara Bangkit Kembali Setelah PHK
Ilustrasi - Globalpost

Bisnis.com, JAKARTA- Pemutusan hubungan kerja atau PHK memang bukan sesuatu yang diinginkan oleh karyawan. Ketika hal itu terjadi, Anda tentu saja langsung merasa sedih dan tidak termotivasi untuk kembali bekerja.

Namun janganlah berlarut-larut dalam kesedihan dan coba untuk bangkit dari keterpurukan tersebut dengan beberapa tips berikut ini.

Tanya diri sendiri

Memang lebih mudah menyalahkan tempat Anda bekerja, tapi sebaiknya coba introspeksi diri juga. Cari tahu apa yang salah, kenapa sampai Anda yang terkena PHK. Apakah kepribadian Anda tidak cocok dengan lingkungan kantor atau memang pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan Anda.

Dengan mengevaluasi kesalahan diri sendiri, Anda akan lebih mudah untuk bangkit dan kemudian mencari pekerjaan yang lebih cocok. Jangan merasa bersalah, tapi jadikan pengalaman tersebut sebagai pelajaran dan perbaikan diri di kemudian hari.

Lihat sisi lainnya

Jangan hanya melihat dari sisi buruknya saja, tapi coba juga untuk melihat sisi lain dari pengalaman Anda itu. Mungkin saja ini menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk mengubah jalur karir atau jika Anda ingin mencoba bisnis sendiri.

Siapa tahu juga, saat ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengerjakan hal-hal yang tertunda, misalnya melanjutkan kuliah pascasarjana, belajar keahlian baru, atau lainnya.

Bangun jaringan kerja

Tak perlu panik dan merasa terburu-buru untuk memulai pekerjaan baru. Sebaiknya, cobalah perluas jaringan kerja atau network. Perbanyak teman di media sosial, terutama LinkedIn.

Cari informasi seputar bidang yang menjadi minat Anda dan cari tahu bila ada lowongan. Jangan ragu untuk memulai percakapan ringan dengan teman-teman baru Anda di situs ini, siapa tahu salah satu dari mereka punya informasi penting. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Nicki Minaj Mengaku Pernah Aborsi

Taylor Swift Sukses Kalahkan Frozen

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inspirasi, Tips Karir

Sumber : 29Secrets/Wikihow

Editor : Andhina Wulandari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top