Health

HIV/AIDS: Begini Cara Virus Penggembos Daya Tahan Bergerilya di Tubuh Kita

Fitri Rachmawati
Senin, 5 Januari 2015 - 15:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebelum berbicara tentang cara kerja virus HIV dalam tubuh, ada baiknya kita pahami apa itu HIV?

Virus ini hanya menyebar dan bekerja pada tubuh manusia. Dialah penyebab immunodeficiency  alias perusak sistem kekebalan dengan cara membuat daya tahan tubuh kita berkurang atau menurun.

HIV di dalam tubuh bersifat menghancurkan sel-sel penting yang bertugas melawan penyakit. Tubuh yang kekurangan sistem kekebalan tidak dapat terlindungi dari penyakit.

Virus ini berproduksi dengan cara mengambil alih sel tubuh yang diinfeksinya.

Pendeknya, HIV adalah virus yang masuk ke dalam tubuh dan melemahkan sistem kekebalan yang jika terus memburuk akan membawa pengidap HIV pada kondisi AIDS yakni kondisi hilangnya sistem pertahanan tubuh. Sehingga semua jenis infeksi dapat masuk dan akhirnya mengakibatkan kematian.

Pada dasarnya sifat virus HIV dengan virus lainnya seperti influenza atau campak hingga polio sama saja, tidak jauh berbeda. Perbedaanya hanya pada sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh akan mampu mengusir semua virus tersebut.

Cara Kerja HIV Dalam Tubuh
Tubuh manusia mempunyai sistem kekebalan yang sering disebut sebagai sel darah putih.

Sistem kekebalan tubuh kita mempunyai tugas yang berbeda yaitu sel CD4 positif bertugas sebagai sel yang mengenali dan memberi informasi jika ada benda atau sel asing yang masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan yang lainnya bertugas untuk menyerang dan melumpuhkan sel asing tersebut setelah menerima informasi dari sel CD4 positif.

Nah, HIV adalah virus yang secara khusus menjadikan sel CD4 positif sebagai target serangan.

Proses HIV melumpuhkan sistem kekebalan tubuh manusia

Pertama, HIV masuk ke tubuh dan mencari sel-sel CD4 positif, kemudian virus ini masuk ke sel CD4 positif untuk melumpuhkan dan menguasainya dengan cara memperbanyak diri di dalam sel CD4 positif ini.

Kedua, sel-sel HIV baru yang telah menjadi banyak ini kemudian keluar dan mencari sel-sel CD4 positif lainnya dan mengulangi proses yang sama.

Lalu ketiga, sel-sel penyerang datang dan menghancurkan sel CD4 positif yang telah terinfeksi HIV.

Namun, sel-sel HIV yang baru telah menjadi banyak dan cepat mencari sel-sel CD4 positif dan memperbanyak diri lagi di dalamnya.

Keempat, setelah melewati beberapa waktu, tubuh akan semakin banyak kehilangan sel-sel CD4 positif dan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Itu terjadi karena tugas sel-sel CD4 positif untuk mengenali sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh tersebut telah dikalahkan virus HIV.

Karena sel-sel tubuh CD4 positif berkurang dalam tubuh, maka tubuh tidak bisa menerima informasi yang cukup untuk membentuk sel-sel penyerang yang dibutuhkan.

Dalam keadaan seperti inilah berbagai jenis penyakit dapat masuk ke tubuh tanpa dapat dikenali dan dilawan. Akhirnya, rata-rata pengidap HIV berujung pada kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Saeno
Sumber : Kementerian Kesehatan RI
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro