Berikut Tahapan Perkembangan Normal Anak Dari Usia 1 Bulan Sampai 5 Tahun

Menurut psikolog setiap orang tua wajib mengetahui tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak. Agar jika ditemukan kelainan pada anak bisa dideteksi dini dan langsung diberikan tindakan lebih lanjut.
Fitri Rachmawati
Fitri Rachmawati - Bisnis.com 07 Januari 2015  |  13:32 WIB
Berikut Tahapan Perkembangan Normal Anak Dari Usia 1 Bulan Sampai 5 Tahun
anak menyusu/bisnis - Yayus Yuswoprihanto

Bisnis.com, JAKARTA—Menurut psikolog setiap orang tua wajib mengetahui tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak. Agar jika ditemukan kelainan pada anak bisa dideteksi dini dan langsung diberikan tindakan lebih lanjut.

Psikolog Katarina Ira Puspita yang tergabung di Kasandra And Associates Psychological Practice mengatakan aspek-aspek perkembangan anak ada 4 a.l. motorik kasar atau gerak kasar yaitu kemampuan melakukan gerakan yang melibatkan otot-otot besar seperti duduk dan berdiri salah-satunya.

Lalu kedua motorik halus atau gerak halus yakni kemampuan bergerak yang melibatkan otot-otot kecil seperti menulis dan lain-lain. Dan perkembangan ketiga, bahasa atau bicara yaitu kemampuan memberikan respons terhadap suara, berbicara hingga mengikuti perintah.

Dan ke empat perkembangan kemandirian atau sosialisasi yaitu kemampuan anak makan sendiri, berpisah dengan ibu atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, tuturnya Selasa (06/01).

Berikut perkembangan bayi dan balita dari usia 1 bulan hingga 5 tahun a.l.

1 Bulan
Kemampuan gerak kasar, seperti tangan dan kaki bergerak aktif; Kemampuan gerakan, kepala bisa menoleh ke samping kanan dan kiri; Kemampuan komunikasi atau berbicara, anak bisa bereaksi pada bunyi lonceng; Kemampuan sosial dan kemandirin, anak bisa menatap wajah ibu atau pengasuh.

2 Bulan
Kemampuan gerak kasar, mengangkat kepala ketika tengkurap; Kemampuan gerakan,kepala bisa menoleh ke samping kanan dan kiri; Kemampuan komunikasi atau berbicara, anak bisa mengeluarkan suara; Kemampuan sosial dan kemandirin, anak bisa tersenyum spontan.

3 Bulan
Kemampuan gerak kasar, kepala tegak ketika didudukan;Kemampuan gerakan, memegang mainan; Kemampuan komunikasi atau berbicara, tertawa atau berteriak; Kemampuan sosial dan kemandirin, seperti memandang tangannya.

4 Bulan
Kemampuan gerak kasar, tengkurap hingga terlentang sendiri, kemampuan gerakan, kemampuan komunikasi hingga kemampuan sosial dan kemanrin rerata hampir sama dengan kemampuan di usia 3 bulan.

5 Bulan
Kemampuan gerak kasar, duduk tanpa berpegangan; Kemampuan gerakan, meraih hingga menggapai; Kemampuan komunikasi atau berbicara, menoleh suara; Kemampuan sosial dan kemandirin, seperti meraih mainan.

6 Bulan
Kemampuan gerak kasar, kemampuan gerakan, kemampuan komunikasi atau berbicara, cenderung tidak berbeda jauh dengan usia 5 bulan. Sedangkan kemampuan sosial dan kemandirin, anak bisa mulai memasukkan biskuit ke mulut.

7 Bulan
Kemampuan gerak kasar, mencoba berdiri tapi masih berpegangan; Kemampuan gerakan, mengambil dengan tangan kanan dan kirinya; Kemampuan komunikasi atau berbicara,  mulai mengeluarkan suara seperti ma ma ma; Kemampuan sosial dan kemandirin, sudah mulai bersuara.

8 Bulan
Kemampuan gerak kasar, kemampuan gerakan, kemampuan komunikasi atau berbicara,  dan kemampuan sosial dan kemandirin pada usia 8 bulan rerata hampir sama dengan kemampuan di usia 7 bulan.

9 Bulan
Kemampuan gerak kasar, mencoba berdiri tapi masih berpegangan; Kemampuan gerakan, mulai belajar menjempit; Kemampuan komunikasi atau berbicara,  mulai mengeluarkan suara seperti mama dan papa; Kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa melambaikan tangannya.

10 Bulan
Kemampuan gerak kasar, sudah mulai berdiri tanpa berpegangan; Kemampuan gerakan, memukulkan mainan dengan kedua tangannya; Kemampuan komunikasi atau berbicara,  mulai mengeluarkan suara seperti mama dan papa; Kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa bertepuk tangan.

11 Bulan
Kemampuan gerak kasar, sudah mulai berdiri tanpa berpegangan; Kemampuan gerakan, mulai memasukkan mainan ke cangkir; Kemampuan komunikasi atau berbicara, mulai bisa memanggil papa dan mama; Kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa menunjukkan dan meminta.

12 Bulan
Kemampuan gerak kasar, kemampuan gerakan, dan kemampuan komunikasi atau berbicara, rerata sama seperti kemampuannya di usia 11 bulan. Sedangkan kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bermain dengan orang tua.

15 Bulan
Kemampuan gerak kasar, anak mulai bisa berjalan; Kemampuan gerakan, mulai mencoret-coret; Kemampuan komunikasi atau berbicara, mulai bisa berbicara dua kata; Kemampuan sosial dan kemandirin, mulai minum dari gelas.

1,5 Tahun  
Kemampuan gerak kasar, anak mulai bisa lari dan naik tangga; Kemampuan gerakan, mulai bisa menumpuk-numpuk mainan; Kemampuan komunikasi atau berbicara, mulai bisa berbicara beberapa kata; Kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa memakai sendok dan menyuapi boneka.

2 Tahun
Kemampuan gerak kasar, mulai bisa menendang bola; Kemampuan gerakan, mulai bisa menumpuk-numpuk 4 mainan; Kemampuan komunikasi atau berbicara, mulai bisa menunjuk gambar; Kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa melepas,memakai pakaian hingga menyikat gigi.

2,5 Tahun
Kemampuan gerak kasar, anak mulai bisa melompat; Kemampuan gerakan, sama seperti kemampuan rerata di usia 2 tahun; Kemampuan komunikasi atau berbicara, mulai bisa menunjukkan bagian tubuh; Kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa mencuci tangan dan mengeringkan tangan.

3 Tahun
Kemampuan gerak kasar, mulai bisa berdiri dengan satu kaki; Kemampuan gerakan, mulai bisa menggambar dengan garis yang tegak; Kemampuan komunikasi atau berbicara, mulai bisa menunjukkan tangan tubuh; Kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa menyebut nama temannya.

3,5 Tahun
Kemampuan gerak kasar, kurang lebih sama dengan kemampuan di usia 3 tahun; Kemampuan gerakan, mulai bisa menggambar lingkungan dan menggambar tanda tambah hingga menggambar manusia dari kepala, badan sampai kaki; Kemampuan komunikasi atau berbicara, mulai bisa berbicara satu, dua, tiga; Kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa menggunakan baju model kaos sendiri.

4 Tahun
Kemampuan gerak kasar, kemampuan gerakan, kemampuan komunikasi atau berbicara sama dengan kemampuan di usia 3,5 tahun. Dan kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa memakai baju tanpa dibantu.

4,5 Tahun
Kemampuan gerak kasar, kemampuan gerakan, kemampuan komunikasi atau berbicara sama dengan kemampuan di usia 4 tahun. Sedangkan kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa bermain kartu, menyikat gigi tanpa di bantu.

5 Tahun
Kemampuan gerak kasar, kemampuan gerakan rerata sama dengan perkembangan dan pertumbuhan kemampuan rerata sama di usia 4,5 tahun. Sedangkan kemampuan komunikasi atau berbicara anak mulai bisa menghitung mainan. Dan kemampuan sosial dan kemandirin, mulai bisa mengambil makanan sendiri.

Katarina menambahkan jika dalam tahapan perkembangan anak ditemukan ketidakmampuan yang seharusnya bisa dilakukan pada anak. Orang tua harus mulai waspada dan sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter ahli. Sehingga dokter bisa memeriksa lebih lanjut apakah anak memiliki kelainan atau keterlambatan pertumbuhan.  

Banyak orang tua tidak aware terhadap tahapan perkembangan anak, misalkan seharusnya anak sudah bisa bersuara di usia sekitar 6 sampai 7 bulan. Namun, rerata orang tua menyepelekan dengan alasan Biarlah begitu dulu papanya juga gitu dan akhirnya bisa juga bicara, katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anak

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top