Kisah Sukses Herdiana Surachman Menjadi Lifestyle Blogger

Herdiana Surachman berbagi cerita tentang perjalanannya menjadi seorang lifestyle blogger di Indonesia.
Andhina Wulandari | 22 Januari 2015 15:16 WIB
Herdiana Surachman, lifestyle blogger Indonesia pemilik Deluxshionist.com - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Herdiana Surachman berbagi cerita tentang perjalanannya menjadi seorang lifestyle blogger di Indonesia.

Profesi blogger memang tampaknya semakin dilirik oleh berbagai kalangan. Banyak orang yang banting setir menjadi blogger atau menyambi pekerjaan kantoran dengan menjadi blogger, untuk menyalurkan hobi.

Herdiana sendiri mengaku awal mula blogging sejak 2010 ketika dia ingi bekerja di sebuah majalah lifestyle kesukaannya. Namun karena latar belakang pendidikan yang jauh berbeda dan tak punya pengalaman di bidang jurnalistik, dia pun harus meyakinkan sang editor untuk membuat sebuah fashion blog.

“Isinya seputar berita dan komentar singkat tentang fashion. Singkat cerita saya diterima sebagai asisten managing editor dan terus mengembangkan kemampuan hingga saat ini,” tutur Herdiana kepada Bisnis, Kamis (22/1/2015).

Pria berusia 25 tahun lulusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung itu pun mulai secara rutin menulis di blog tentang pengalaman bekerja, inspirasi visual, personal style, pengalaman traveling, hingga opini pribadi mengenai suatu topik tertentu.

“Makin ke sini, cukup banyak pembaca yang mengirimkan emailnya menanyakan hal-hal yag berhubungan dengan style dan fashion. Saya rasa perhatian seperti itu yang membuat saya terus menulis di blog,” ujarnya.

Berbicara tentang blognya yang diberi nama Deluxshionist, Herdiana memang sengaja memilih kata ‘deluxe’, karena ingin menyajikan konten dan hal yang berkualitas dalam setiap artikel di blognya.

Dari blogging, berbagai kesempatan pun terbuka lebar. Dia sempat menjadi pembicara di acara Pecha Kucha Night Jakarta Vol. 20, bahkan meraih pendapatan yang lumayan berkat banyaknya follower yang dimiliki, baik dalam blog maupun media sosial lainnya.

“Deluxshionist.com sendiri menghasilkan income yang lumayan untuk saya, baik secara aktif dari artikel berbayar ataupun pasif dari affiliate marketing,” jelasnya.

Namun Herdiana pun mengaku, para blogger masih mendapat kesulitan, karena sebagian besar pengiklan masih menggunakan media konvensional, seperti media cetak.

“Blog sebenarnya sebuah media yang sangat efektif untuk marketing sebuah brand. Apalagi di zaman digital sekarang, hampir semua orang mencari opini kedua lewat internet. Mulai dari tren fashion terbaru, gadget terkini, hingga perbandingan harganya di e-commerce,” kata Herdiana.

Dia menyarankan siapa saja yang ingin menjadi blogger harus mempertahankan konsistensi dalam menulis.

“Mulailah dengan sharing pengalaman, opini, dan apa yang disukai. Selain itu, jangan lupa pertahankan konsistensi dan kerja keras,” tutupnya. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

5 Tips Cantik Saat Bekerja di Kantor

Aksi Tabrak Motif dan Warna di Berlin Fashion Week 2015

Tag : inspirasi, blogger
Editor : Andhina Wulandari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top